Israel Gempur Posisi Hamas Di Gaza Pasca Diserang Roket

Israel Gempur Posisi Hamas Di Gaza Pasca Diserang Roket
Foto : AP Photo/Hatem Moussa

Oranyenews.com, Gaza – Pada Jumat (29/11/2019), sebuah pesawat tempur Israel menyerang posisi Hamas di wilayah Jalur Gaza.

Serangan tersebut dilancarkan pasca sebuah roket ditembakkan dari Gaza pada wilayah Israel. Diduga kuat bahwa roket tersebut merupakan ulah dari Hamas.

Menurut yang dilansir dari AFP, Sabtu (30/11/2019), serangan roket dari Gaza tersebut merupakan yang ketiga kalinya.

Serangan terjadi selama beberapa hari terakhir serta sekitar dua pekan pasca berakhirnya aksi saling gempur antara Israel dan militan Jihad Islam di Gaza.

Pada pernyataannya, militer Israel menyebut bahwa pada malam hari, terdapat sebuah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza dengan target menuju Israel.

Dan untuk memberikan respons, maka pihak militer Israel mengirimkan sebuah pesawat IDF yang tertarget pada pos militer Hamas.

“Malam hari, sebuah roket diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel. Sebagai respons… sebuah pesawat IDF (militer Israel-red) menargetkan sebuah pos militer Hamas di Jalur Gaza sebelah utara,” isi pernyataan militer Israel.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tepatnya pada 12 November lalu, Israel menewaskan seorang komandan senior militan Jihad Islam di Jalur Gaza.

Hal tersebut yang memicu adanya aksi saling serang antara Israel dan Jihad Islam selama dua hari dan menewaskan setidaknya 36 warga Palestina.

Sedangkan dari pihak Israel, tidak korban tewas. Serta konflik berakhir dengan adanya gencatan senjata antara dua kubu.

Akan tetapi untuk sebelumnya, Jihad Islam juga sempat menembakkan sekitar 450 roket pada wilayah Israel.

Sebagian besar dari roket Jihad Islam tersebut, diklaim berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Israel yang bernama Iron Dome.

Masih terkait dengan serangan roket terbaru di Jalur Gaza, Masih belum diketahui secara pasti siapa yang menembakkannya.

Akan tetapi, selama ini Israel selalu menganggap bahwa Hamas yang menguasai jalur Gaza sejak tahun 2007.

Bahkan juga dianggap sebagai kelompok yang bertanggung jawab atas setiap roket yang ditembakkan dari Gaza.

Menoleh kebelakang, Israel dan Hamas memang diketahui sudah tiga kali berkonflik. Hal tersebut bermula sejak tahun 2008 lalu, dan kini sepertinya konflik tersebut kembali memanas.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here