China Diduga Curi Teknologi Sistem Rudal Iron Dome Israel

China Diduga Curi Teknologi Sistem Rudal Iron Dome Israel
Foto : Reuters

Oranyenews.com, Washington – Salah satu perusahaan keamanan siber terkemuka mencurigai China telah mencuri data teknologi sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel.

Kecurigaan tersebut mencuat pasca peretas China meretas sistem komputer tiga perusahaan teknologi Israel serta mengambil data teknis sistem pertahanan canggih tersebut.

Brian Krebs selaku penulis keamanan siber, pada tulisannya menyebut bahwa Cyber Engineering Service (CyberESI), perusahaan keamanan siber yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat.

Mendeteksi adanya pembobolan sistem komputer tiga perusahaan teknologi Zionis beberapa tahun yang lalu.

“Antara 10 Oktober 2011 dan 13 Agustus 2012, para penyerang yang diduga beroperasi di luar negeri meretas jaringan (komputer) tiga perusahaan teknologi pertahanan top Israel, termasuk Elisra Group, Israel Aerospace Industries, dan Rafael Advanced Defense Systems,” tulis Krebs.

“Dengan memanfaatkan infrastruktur komunikasi rahasia yang dibuat oleh para peretas, CyberESI menetapkan bahwa para penyerang menggali data dalam jumlah besar dari tiga perusahaan,” imbuhnya, seperti dilansir dari National Interest, Jumat (15/11/2019).

“Sebagian besar informasi adalah kekayaan intelektual yang berkaitan dengan (sistem) rudal Arrow III, Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV), roket balistik, dan dokumen teknis lainnya di bidang studi yang sama.”lanjutnya.

Dalam hal ini, CyberESI yakin jika para pelakunya merupakan “Comment Crew”, yang merupakan sebuah kelompok peretas yang disponsori oleh militer China.

Sedangkan sebuah perusahaan keamanan siber yang mempunyai basis di Virginia, Mandiant, sudah lebih jauh melakukan identifikasi kelompok peretas tersebut.

Yakni sebagai “Biro ke-2 Departemen Staf Umum Tentara Pembebasan Tentara”, yang juga dikenal dengan Military Unit Cover Designator bernama Unit 61398.

Seperti yang diketahui, Israel memang mempunyai industri keamanan siber yang sangat besar serta kumpulan peretas dan kelompok anti-peretas pada militer negara Yahudi tersebut.

Sehingga, apabila China bisa membobol kumputer Israel yang sangat rahasia, dipastikan mereka bisa membobol sistem kompuer Amerika dan negara lainnya.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here