AS Tuding Turki Lakukan Kejahatan Perang Di Suriah

AS Tuding Turki Lakukan Kejahatan Perang Di Suriah
Foto : Reuters

Oranyenews.com, Washington – James Jeffrey selaku utusan khusus Presiden Amerika Serikat 9AS0, Donald Trump untuk Suriah, menyebut bahwa pihaknya menduga Turki telah melakukan kejahatan perang di Suriah.

Dalam hal ini, papar Jeffrey, Washington akan meminta penjelasan lebih detail dari Ankara terkait dengan operasi militer yang dilancarkan di Suriah.

Pada penuturannya, Jeffrey menjelaskan bahwa Washington mengaku khawatir dengan tindak tanduk yang dilakukan oleh kelompok milisi pro-Turki, yang juga ikut terlibat pada operasi yang dilaksanakan Turki pada timur laut Suriah.

“Banyak orang melarikan diri karena mereka sangat prihatin dengan kekuatan milisi yang didukung Turki ini, termasuk kami. Kami telah melihat beberapa insiden yang kami anggap sebagai kejahatan perang,” papar Jeffrey, menurut yang dikutip dari Arab News, Kamis (24/10/2019).

Ia menjelaskan, AS juga tengah melakukan penyelidikan terkait adanya kemungkinan penggunaan fosfor putih selama operasi militer Turki. Serta pihaknya menginginkan penjelasan yang detail dari pihak Turki tentang hal tersebut.

Sebelumnya, mengenai serangan fosfor, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyebut bahwa mereka tengah menyelidiki dugaan adanya penggunaan senjata kimia di Suriah.

Dijelaskan oleh juru bicara WHO, Christian Lindmeier, menuturkan bahwa pihaknya belum menerima bukti konkret guna memberikan dukungan terhadap klaim, bahwa Turki menggunakan bom fosfor putih pada operasi anti-terornya di Suriah.

Lebih lanjut, Lindmeier juga menyebut bahwa mereka sedang melakukan pemantauan terkait dengan situasi disana, serta berusapa untuk memperoleh sebanyak mungkin laporan guna mendapat analisis dan evaluasi dari apa yang berlaku di lapangan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here