Mengenal Mahathir Muhammad, Perdana Menteri Tertua di Dunia

0
153
Mahathir Muhammad
Mahathir Muhammad

ORANYENEWS- Malaysia mengalami perubahan politik nasional yang cukup signifikan. Pemerintahan yang dikuasai UMNO-Barisan Nasional selama 60 tahun kini telah berakhir. Kelompok oposisi Pakatan Harapan yang dipimpin wajah lama, Mahathir Muhammad kini menguasai pemerintahan setelah hasil pemilu ke-14, Rabu 9 Mei 2018 kemarin.

Lalu, siapa Mahathir Muhammad dan bagaimana mantan Perdana Menteri Malaysia 1981-2003 dapat kembali berkuasa?

Mahathir Muhammad bukanlah wajah baru dalam politik Malaysia. Politikus kelahiran 10 Juli 1925 itu lahir dan besar di Alor Setar, Kedah. Usai lulus sekolah dia menjalani profesi sebagai dokter.

Selain berprofesi sebagai dokter, Mahathir saat itu juga aktif di UMNO (United Malays National Organisation). Pada tahun 1964, dia menjadi anggota parlemen selama satu periode, dan gagal kembali pada pemilu selanjutnya karena kalah.

Dia pernah dikeluarkan dari UMNO saat berselisih dengan Tunku Abdul Rahman, perdana menteri Malaysia pertama. Usai, Tunku Abdurahman mundur dari UMNO, Mahathir kembali masuk partai tersebut, masuk parlemen, dan diangkat menjadi menteri kabinet.

Tahun 1976, dia diangkat menjadi wakil perdana menteri ke-4, ada 1976-1981, mendapingi Hussein Onn. Kemudian, dia dilantik sebagai Perdana Menteri setelah Hussein Onn mengundurkan diri pada 1981.

Mahathir Muhammad dikenal sebagai perdana menteri terlama Malaysia. Dia menjabat sejak 1981 hingga 2003. Selama Mahathir menjabat, Malaysia mengalami modernisasi dan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Banyak proyek infrastruktur yang dijalankan. Tapi, bukan tanpa cela, dia saat itu mengorbankan independensi pengadilan, serta kekuasaan, dan hak tradisional kerajaan Malaysia.

Dengan UU Keamanan Dalam Negeri yang ditekennya, banyak aktivis, tokoh agama minoritas, lawan politik yang ditahan. Termasuk, Wakil Perdana Menteri Anwar Ibrahim yang dipecay pada tahun 1998.
Rekam jejak Mahathir dalam mengekang kebebasan sipil dan penolakannya terhadap kepentingan dan kebijakan ekonomi Barat mempertegang hubungan luar negeri Malaysia dengan Amerika Serikat, Britania Raya, dan Australia.

Sebagai Perdana Menteri, ia mendukung pembangunan dunia ketiga dan merupakan aktivis internasional ternama.
Pensiun menjadi Perdana Menteri, dia digantikan oleh Ahmad Badawi. Walau sudah pensiun, Mahathir seringkali mengkritik penggantinya, Abdullah Ahmad Badawi dan Najib Razak
Putranya, Mukhriz Mahathir, menjabat sebagai Menteri Besar Kedah sampai awal 2016.

Langkah kembalinya Mahathir ke pentas politik nasional dimulai setelah dirinya keluar dari UMNO dan mendirikan partai sendiri. Dia menilai UMNO terlalu melindungi dan mendukung Najib Razak, meski sudah terjerat Skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Pada 9 September 2016, dia mendaftarkan partai barunya bernama Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), dia menjabat sebagai Ketua Umum Partai.

Dia pun menjalin koalisi dengan oposisi lainnya, termasuk kelompok opsisi lama yang dulu menjadi musuhnya, Anwar Ibrahim. Akhirnya, pada 8 Januari 2018, Mahathir pun ditetapkan sebagai Calon Perdana Menteri mewakili koalisi Pakatan Harapan pada pemilu 2018.

Saat berkoalisi, Mahathir berjanji akan mengampuni Anwar Ibrahim dan memberikannya tampuk kekuasaan setelah Mahathir Muhammad menjabat selama 2 tahun.

Bagaimana Malaysia di kepemimpinan Mahathir Muhammad yang kedua kali ini? Ikuti ulasan Oranyenews.com selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here