Diaspora Indonesia Menangi MoMo Challenge 2017

0
113

ORANYENEWS- Reza Pramana, seorang diaspora Indonesia di Belanda, memenangkan Mobilizing More (MoMo) Indonesia Challenge 2017 yang digelar di Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, Kamis 1 Februari 2018. Reza yang mewakili perusahaan aQysta memukau panelis dan publik lewat presentasinya. Ia pun mendapat hadiah sebesar € 25.000 euro untuk mendukung proyek bisnis ramah lingkungannya. 

Reza menjelaskan proyek percobaan Barsha pump yang telah dilakukannya untuk membantu para petani di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, mengambil air dari sungai secara efisien. Barsha pump adalah pompa air tenaga arus air yang dapat dioperasikan di sungai tanpa awak dan hanya memerlukan sedikit sekali perawatan. Dengan menggunakan lima (5) Barsha pump, Reza menjelaskan bahwa 90 petani di sana telah berhasil meningkatkan hasil tanaman, pendapatan, dan gizi mereka. 

“Saya berterima kasih kepada MoMo yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjelaskan proyek ramah lingkungan Barsha pump yang membantu para petani di tanah air, ” tutur Reza dalam sambutan kemenangannya. Ia juga mengatakan bahwa uang € 25.000 euro yang diperolehnya akan digunakan untuk mengembangkan proyek tersebut dan juga memberikan pelatihan kepada para petani agar mereka bisa menanam di musim kemarau. “Kami akan memberikan pelatihan kepada para petani untuk terus bercocok tanam sekalipun di musim kemarau dengan Barsha pump agar pendapatan mereka dapat meningkat,” pungkas Reza.

MoMo Indonesia Challenge 2017 menantang pengusaha, perusahaan, dan organisasi non-pemerintah di Belanda dan Indonesia untuk mengajukan proposal inovatif dan ramah lingkungan untuk diterapkan di Indonesia. Dari lebih dari 40 proposal yang masuk, dipilih enam finalis yang kemudian mempresentasikan idenya di hadapan panelis dan publik masing-masing selama lima menit.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here