Ini Lokasi Video Viral Orang Gangguan Jiwa Buka Jalan Ambulans

Ini Lokasi Video Viral Orang Gangguan Jiwa Buka Jalan Ambulans

Oranyenews.com, Bandung – Media sosial kembali dihebohkan dengan adanya video viral yang menunjukkan orang dengan gangguan jiwa membuka jalan unutk ambulans.

Ditelusuri, ternyata video tersebut direkam pada kawasan Kota Bandung, Jawa Barat.

Sopir ambulans yang juga sebagai perekam video, Muhammad Sandy Nugraha, menceritakan awal mula bertugas mengantar pasien dari RS Al Islam ke RS Santosa, Rabu (13/11/2019).

Akan tetapi, ditengah jalan ia harus memutar balik untuk mencari jalan alternatif lantaran rute pada umumnya atau yang bisa dilewati tertutup karena ada demonstrasi ormas.

Hingga sampai pada lokasi Banceuy, Sandy memperhatikan ada seorang pria yang tanpa mengenakan baju tengah tiduran di trotoar.

Pria tersebut sadar bahwa ambulans sangat sulit untuk melewati jalan yang padat, sehingga pada akhirnya ia berdiri dan lari untuk mengarahkan kendaraan lain.

Uniknya, ketika ia sedang mengarahkan kendaraan lain dan membuka jalan tersebut, pria tersebut juga mengepalkan tangan sembari berteriak “Hidup Ambulans!”.

“Ada ODGJ [orang dengan gangguan jiwa] tersebut awalnya lagi tiduran di trotoar pinggir jalan. Saya juga enggak engeh awalnya. Waktu itu sebelah kiri banyak yang parkir, saya kecegat beberapa mobil. Pas liat ke kiri orang itu bangun lari nyampirin ambulans,” jelas Sandhy, seperti dikutip dari detikcom.

Lebih lanjut, Sandy menjelaskan bahwa dirinya tertarik untuk membuat video pada saat pria tersebut lari. Ketika itu juga terdapat angkot yag lagi ngetem, namun ia suruh untuk jalan supaya arus lebih lancar.

“Karena ngeliat dia lari-lari saya videoin. Di depan ada angkot lagi ngetem, dia suruh-suruh jalan. Terus teriak hidup ambulans, hidup ambulans,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Sandy mengaku bahwa selama dirinya 1,5 tahun mempunyai tugas sebagai sopir ambulans, baru pertama kali ia memperoleh pengawalan dari seorang ODGJ.

Hal tersebut ia nilai sebagai salah satu pengalaman yang mungkin akan sangat berkesan. Bahkan mungkin tidak bisa ia lupakan hingga masa tua nanti.

“Setahun setengah jalan dua tahun bawa ambulans. Banyak yang pernah bantu escorting dari pengguna jalan sampai Gojek, tapi yang kemarin itu beda paling berkesan enggak bisa diungkapkan,” ocehnya.

Sedangkan dari warga sekitar yang saat itu juga berada disana. Ikut membenarkan terkait dengan adanya peristiwa tersebut.

Bahkan beredar kabar, pria tersebut juga berulah dengan melempari sejumlah mobil di Jalan Supratman, Kota Bandung.

“Iya tadi memang ada jam setengah sebelas siang. Dia lempar-lempar pakai batu,” kata salah satu orang warga dengan nama Dadang, Kamis (14/22/2019).

Lantaran heboh dan viral di media sosial, video pengidap gangguan jiwa tersebut juga memperoleh begitu banyak tanggapan positif dari netizen.

Pasalnya, meski dicap sebagai penderita sakit jiwa, pria dalam video tersebut memberikan teguran dan menyadarkan pada pengguna jalan tentang pentingnya kesadaran.

Khususnya dalam memberikan prioritas unutk ambulans yang melintas. Terlebih lagi kendaraan orang sakit tersebut tengah dalam kondisi darurat.

Memetik kesimpulan dari viralnya video ODGJ di Bandung tersebut, tentu bagi kita orang yang waras, harus lebih sadar akan pentingnya toleransi di jalan.

Selain untuk menjaga keamanan pribadi, tentu juga tidak memicu atau menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan yang lain.

Akankah kita bisa introspeksi diri? Atau hanya bisa berkoar-koar memberikan dukungan di media sosial?

Tentu semuanya hal kembali pada pribadi masing-masing. Entah hanya omongan saja, atau bisa menerapkan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here