Makam Mbah Priok Diserang dan Dirusak, Ternyata Ini Penyebabnya

0
141
Salah satu fasilitas makam Mbah Priok yang dirusak. (foto: GP Ansor)

ORANYENEWS- Penyerangan sekelompok orang di area makam Mbah Priok terjadi akhir pekan kemarin. Sejumlah fasilitas hingga santri yang berada di lokasi menjadi korban penyerangan. Setelah diusut ternyata penyebabnya mengejutkan.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Eko Hadi Santoso mengungkapkan peristiwa tersebut terjadi di depan are makam Mbah Priuk, Jakarta Utara. Keributan terjadi antar kelompok yang sudah saling mengenal.

Menurut Eko dua kelompok ini berasal dari Kampung yang sama, yaitu Cilincing. Kedua kelompok ini ribut hingga merusak karena permasalahan lahan parkiran saja.

“Itu masalah lahan parkir. Cuma ada keributan kecil, kondusif, kok,” tutur Eko.

Eko mengaku polisi juga langsung hadir saat keributan itu berlangsung, sehingga kondisi dengan cepat berangsur kondusif.

Meski begitu, polisi tetap melakukan pengusutan terhadap para pelaku keributan tersebut.

Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Abdul Azis menyatakan penyerangan di area makam Mbah Priuk diduga digerakkan oleh aktor intelektual. Dia meminta polisi mengusut tuntas.

“Ini perbuatan keji dan biadab. Mereka (para penyerang) tidak hanya merusak kaca loket tiket masuk komplek makam, jendela PAUD, tapi juga menganiaya beberapa santri dan penjaga loket. Mereka membawa senjata tajam, bahkan menembaki dengan airsoft gun,” kata Aziz dalam rilisnya, Senin 7 Mei 2018.

Selain mengecam, Aziz juga meminta aparat mengusut kasus ini. Dia meyakini, perbuatan ini ada pelaku intelektualnya

“Aparat harus tegas mengusut tindakan pengrusakan dan penyerangan ini. Apa motif di balik ini, siapa pelaku dan aktor intelektualnya. Pasti ada yang di belakang yang memerintahkan penyerangan ini,” tegas Aziz, yang didampingi Dendy Zuhairil Finsa, Sekretaris PW Ansor DKI Jakarta.

Aziz, yang juga anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKB ini mengatakan, makam Mbah Priok diyakini kalangan nahdliyin sebagai makam wali. Di samping itu, makam Mbah Priok juga merupakan bangunan Cagar Budaya yang wajib dilindungi.

“Sekali lagi, PW GP Ansor DKI Jakarta meminta polisi mengusut tuntas kasus ini, dan membuka kasus ini secara terang benderang. Kami juga instruksikan Banser DKI Jakarta untuk siaga turun melakukan pengamanan di makam Mbah Priok,” imbuh Dendy Zuhairil Finsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here