KPAI Dorong Kasus Remaja ‘Ancam Tembak’ Jokowi Diselesaikan Kekeluargaan

0
153

ORANYENEWS- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendoromg kasus anak remaja pengancam tembak Jokowi, RJ diselesaikan di luar ranah pengadilan pidana dengan cara kekeluargaan. Dengan menitikberatkan kepada keluarga untuk melakukan pembinaan terhadap anak untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Demikian disampaikan Ketua KPAI Susanto dalam rilisnya, Jumat 25 Mei 2018.

“Karena walau tujuannya hanya sebagai bentuk candaan, anak harus meminta maaf sebagai bentuk tanggung jawab atas perbuatannya,” katanya.

Susanto menegaskan, keluarga harus mengedukasi dan membangun literasi media sosial secara positif dan santun oleh orang tua, sekolah maupun para pengguna media sosial. “Hal ini bertujuan agar anak dapat dilindungi dari efek negatif dan penyalahgunaan medsos,” katanya.

Menurut Susanto, Penyidik, Bapas, dan Pekerja Sosial dalam penganganan kasus tersebut harus mengupayakan proses diversi dan pemastian tanggung jawab orang tua dalam pembinaan lanjutan, hal ini juga dilakukan pembinaan yang sama untuk teman-teman anak yang ikut terlibat dalam situasi tersebut.

“Diharapkan agar kita semua bisa memilah dalam melihat dan merespon kasus-kasus anak berhadapan dengan hukum sebagai pelaku yang memiliki aturan dan penanganan yang berbeda dari orang dewasa,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here