Teroris Serang Mapolda Riau, Begini 7 Fakta & Kronologisnya

0
298

ORANYENEWS- Penyerangan Mapolda Riau terjadi pagi ini. Penyerang kali ini menggunakan senjata tajam yang langsung menyerang sejumlah polisi yang tengah berjaga di pintu masuk Mapolda. Lalu, seperti apa kronologis peristiwanya?

1. Waktu Terjadi Serangan

Peristiwa terjadi pukul 09.00 WIB. Mendadak sebuah mobil avanza putih menerobos masuk melalui gerbang sebelah utara Mapolda Riau.

Mobil tersebut langsung menerobos dengan cara menabrak gerbang tersebut.

2. Polisi dan Wartawan Ditabrak

Saat menabrakkan mobil ke pintu gerbang, saat itu terdapat seorang anggota Polda Riau bernama Aipda Auzar yang tengah berjaga memeriksa dua orang wartawan, yang hendak meliput kegiatan rilis di Mapolda.

Ketiganya langsung ditabrak, menurut informasi Aipda Auzar meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di RS Bhayangkara.

3. 8 Teroris Bersenjata Samurai

Penyerang yang berada di dalam mobil Avanza tersebut sebanyak 8 orang dengan membawa bersenjata samurai.

Usai menabrak, pelaku menyerang polisi yang tengah berjaga di pos polisi terdepan dengan menyabetkan samurainya, dua orang polisi, di antaranta provost mengalami luka sabetan samurai di bagian kepala belakang dan badannya.

4. 4 Teroris Ditembak Mati, 4 Lainnya Kabur

Polisi yang berada di pos jaga tak tinggal diam saat diserang, mereka melakukan perlawanan dengan menembak 4 orang pelaku, tewas di tempat.

Mengetahui adanya perlawanan, dan sebagian besar kawan mereka tewas ditembak, 4 lainnya segera melarikan diri.

5. Sembunyi di Rumah Wakapolda

Saat serangan selesai, dan menunggu tim Jihandak untuk mengecek keberadaan bom, mendadak ada seorang pelaku yang mencoba melarikan diri dengan memanjat pagar belakang Mapolda.

Aparat polisi yang mengetahui hal itu berteriak “kejar-kejar”, kemudian seseorang tersebut melompat ke rumah Dinas Wakapolda Riau.

Selanjutnya berlari ke belakang dan melompat ke rumah warga yang lain. Aparat mengepung. Terduga teroris itu memanjat rumah warga di sekitar Jalan Gajah Mada.

Aparat terus mengepung rumah warga dan mengejar pelaku. Setelah terjadi kejar-kejaran, terduga teroris itu dibekuk.

6. Kapolda Tengah Rilis Narkoba

Saat peristiwa serangan berlangsung, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang sedang akan memberikan pers rilis pengungkapan kasus narkoba kepada wartawan. Sebab itu, dua orang wartawan terluka tertabrak saat hendak masuk Mapolda untuk ikut kegiatan rilis tersebut.

7. Data Korban Serangan

Hingga berita ini diturunkan, 1 orang polisi gugur, 4 orang teroris tewas ditembak, 4 orang (2 polisi dan 2 wartawabn) mengalami luka-luka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here