24 Jam Kuasai Rutan Mako Brimob, Ternyata Ini Tuntutan Napi Teroris

0
499

ORANYENEWS- Tepat 24 jam napi terorisme menguasai Blok B dan Blok C rutan Mako Brimob, Kelapa Dua. Seorang polisi masih disandera, mereka mengajukan tuntutan. Apa saja tuntutan mereka.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan salah satu tuntutan mereka adalah menuntut bertemu terdakwa teroris bom Thamrin, Aman Abdurrahman.

Kelompok JAD Pekanbaru, Riau.

Lihat Juga Video Live Streaming Napi Teroris dari Rutan Brimob

Setyo Wasisto mengungkapkan alasan mengapa mereka mengajukan tuntutannya tersebut. “Ya biasa, itu kan sebagai pimpinannya,” kata Setyo Wasisto di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018).

Mereka hanya menuntut agar bertemu Aman dan tidak meminta untuk dibebaskan dari penjara.

Mengenai tuntutan lainnya,  Setyo mengaku tidak mau mengungkapkannya, pasalnya proses negosiasi masih berlangsung hingga malam ini.

“Tuntutannya nggak boleh diekspose,” kilahnya.

Salah satu tuntutan tersebut sudah dipenuhi aparat kepolisian sejak kemarin. “Informasinya sudah kemarin, ” katanya.

Asludin Hatjani, pengacara Aman, membenarkan kliennya berada di Mako Brimob. Namun, lokasi penahanan Aman berbeda dengan lokasi kerusuhan tersebut.

Aman Abdurrahman alias Oman Rochman alias Abu Sulaiman adalah terdakwa teroris bom Thamrin ini diketahui merupakan Ketua ISIS Indonesia.

Kericuhan di Rutan Mako Brimob dipicu masalah sepele, yaitu persoalan titipan makanan untuk Abu Afif atau Wawan Kurniawan, pimpinan JAD Pekan Baru, Riau. Makanan dititip kepada petugas polisi yang saat itu tidak berada di lokasi. Tidak terima, Abu Afif marah dan memprovokasi tahanan lain untuk melawan, sehingga pintu jeruji dan tembok dijebol dan penghuni rutan merangsek petugas dan penyidik yang berada di lokasi. Senjata ditangan petugas dirampas sehingga terjadi aksi saling tembak. 5 orang polisi dan seorang tahanan bernama Abu Ibrahim tewas, seorang polisi ditahan.

Abu Afif ditahan karena merencanakan dan memotivasi kelompoknya untuk menyerang kantor polisi Pekanbaru, Riau. Dia dan empat lainnya, termasuk Abu Ibrohim dicokok polisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here