27 Merek Ikan Sarden Mengandung Cacing, BPOM Peringatkan Pemerintah China

0
250
BPOM (foto: Ist)

ORANYENEWS- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan peringatan atau notifikasi terhadap pemerintah China, terkait 16 merek impor yang mengandung parasit cacing.

Dalam rilis BPOM yang diposting Rabu 28 Maret 2018 disebutkan bahwa 27 merek ikan sarden yang beredar di Indonesia mengandung parasit cacing, 16 di antaranya merupakan merek produk impor.

“Sementara waktu 16 merek produk impor tersebut dilarang untuk masuk ke wilayah Indonesia,” tulis rilis tersebut

Sedangkan untuk 11 merek lokal lainnya, BPOM memerintahkan agar produk segera ditarik dari peredaran dan segera dimusnahkan. Kemudian, produksi ikan sarden tersebut harus dihentikan sampai audit secara komprehensif selesai dilakukan.

“BPOM RI terus memantau pelaksanaan penarikan dan pemusnahan serta meningkatkan sampling dan pengujian terhadap bets lainnya dan semua produk ikan dalam kaleng, baik produk dalam maupun luar negeri,” tulisnya.

Lain itu, BPOM RI bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait telah melakukan koordinasi untuk perkuatan pengawasan sepanjang rantai produksi ikan; sejak  penangkapan dan penanganan bahan baku hingga produk jadi.

Diketahui, BPOM menguji 66 merek ikan sarden yang beredar di Indonesia. Dari uji sampling tersebut didapati ada 27 merek lokal dan impor yang mengandung parasit cacing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here