Ketua Umum MUI: Kasus Habib Rizieq Bukan Kriminalisasi Ulama

0
517

JAKARTA – Penetapan tersangka Habib Rizieq Shihab dalam kasus chat porno dengan Firza Husein mere kriminalisasi ulama, pelana dugaan kriminal murni.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin di Istana Kepresidenan, Senin 29 Mei 2017.

Menurut Rais Am PBNU itu, tidak ada ketentuan itu dengan kriminalisasi ulama dan hanya merupakan isi hukum seperti biasa.

“Sebaiknya masuk saja proses hukum yang sedang berlangsung, yang berjalan. Biar di pengadilan nanti akan dibuktikan apakah seseorang bersalah atau tidak bersalah,” kata Ma’ruf Amin.

Kata KH Maruf Amien, tidak tepat rasanya jika ganti kasus Rizieq Shihab itu dengan penghinaan terhadap ulama.

Kalau kemudian ditafsirkan seperti itu dikhawatirkan akan ada saling menekan dan mengintimidasi antar tarif pihak. Intimidasi hal tersebut secara gratis bisa bermasalah dengan hukum karena bisa mengandung unsur SARA.

Dia juga diharap bisa memahami hal ini secara benar. Masyarakat harus paham terkait dengan proses hukum, karena semua isi bisa diputuskan dengan jalur tersebut. Hukumlah yang akan tuntas perselisihan antara manusia. Dan cara menyelesaikan proses hukum ini ada di pengadilan.

“Maka kita tunggu saja bagaimana prosesnya itu. Karena tentunya juga akan muncul di pengadilan. Para hakim itu dengan pengalamannya, dengan kompetensinya, tentu akan memenuhi keadilan masyarakat,” ujarnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here