Tips Hadapi Perampokan Bermodus Gembos Ban

0
451
Perampokan bermodus gembos ban.

JAKARTA- “Bannya kempes”, “pintunya gak rapat”, tiba-tiba di tengah jalan ada pengendara motor memberitahu seperti itu. Jangan langsung percaya, Anda harus berhati-hati, bisa jadi yang anda anggap baik itu adalah salah satu dari kawanan perampok bermodus ban gembos?

Lalu apa yang harus dilakukan, jika menghadapi hal ini?

Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Metro Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nasriadi, memberikan tips bagaimana caranya agar masyarakat terhindari dari perampokan bermodus gembos ban.

Tips Hadapi Perampokan Bermodus Gembos

 

Ban Gembos
Ilustrasi Ban Gembos

PERTAMA: JANGAN MENCOLOK SAAT AMBIL UANG DI BANK

Kawanan perampok modus gembos ban mulai melakukan observasi sejak dari bank. Mereka mencari korban yang mengambil uang banyak, sendirian, atau mudah dilumpuhkan. Jika sudah menemukan korbannya, mereka langsung memberikan tanda, agar mobilnya yang diparkir di parkiran segera ditaruh paku, agar kempes saat berjalan.

Sebab itu, janganlah terlalu tampak mencolok saat berada di bank, saat mengambil uang dalam jumlah besar. Bersikaplah biasa, jangan sampai orang lain tahu jika anda sedang mengambil uang dalam jumpa banyak

Baca: Cerita Lengkap Perampokan Sadis di SPBU Cengkareng

KEDUA: JANGAN BERKENDARA SEORANG DIRI

Perampok modus gembos, biasanya menargetkan korban yang berkendara seorang diri, terutama seorang wanita. Sebab itu, usahakan hindari berkendara seorang diri, terutama seorang wanita. Jika pengendara seorang diri lebih mudah, apalagi seorang wanita, mudah dibuat panik jika mengetahui bannya kempes.

KETIGA: JANGAN BERHENTI DI TEMPAT SEPI DAN TURUN SENDIRI

Jika memang ban mobil diketahui bocor, atau ada pintu yang kurang tertutup rapat, janganlah berhenti di tempat yang sepi, dan jangan sampai turun sendirian. Pasalnya, memang itulah yang diinginkan dari kawanan perampok. Agar mereka mudah dan cepat mengambil barang berharga yang terdapat di dalam mobil anda.

KEEMPAT: BERHENTILAH DI TEMPAT RAMAI

Jika ban anda kempes, jangan berhenti di tempat sepi untuk mengganti ban. Carilah tempat ramai atau bengkel resmi atau yang ramai untuk mengganti ban. Pasalnya, kawanan perampok akan berpikir ulang jika melakukan aksinya di tempat ramai, berpotensi mendapatkan perlawanan.

Baca: 4 Peristiwa Perampokan Bermodus Gembos Ban

KELIMA: JANGAN TINGGALKAN BARANG BERHARGA DI MOBIL

Perampok sudah pasti mengincar barang berharga yang anda bawa di dalam mobil. Sebab itu, sembunyikanlah dengan baik barang berharga tersebut, tidak mudah dilihat, dan diambil orang lain.

Atau, jangan tinggalkan barang berharga tersebut di dalam mobil saat hendak keluar, bawalah bersama Anda. Pasalnya, perampok biasanya membuka pintu mobil dari sisi lain untuk mengambil barang berharga anda.

KEENAM: JANGAN LUPA KUNCI MOBIL SAAT GANTI BAN

Biasanya, pengemudi lupa mengunci kendaraan saat mengecek ban mobil yang kempes, karena dianggapnya hanya sebentar. Tapi, siapa sangka di waktu yang sedikit itu dimanfaatkan kawanan perampok untuk menggasak barang berharga anda.

Sebab itu, biasakanlah ketika keluar kendaraan selalu menguncinya, baik sebentar atau lama. Karena kita tidak pernah tahu, apakah ada kawanan perampok yang memang sudah mengincar kita sejak lama.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here