BKN : Ada 2 Instansi Kota Bontang Batal Buka Lowongan CPNS

BKN : Ada 2 Instansi Kota Bontang Batal Buka Lowongan CPNS
Foto : Dok. KemenpanRB

Oranyenews.com, Jakarta – Dijelaskankan oleh Paryono selaku Pelaksana Tugas Kepala Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), terdapat dua instansi yang mengundurkan diri.

Pengunduran diri tersebut ialah dalam proses membuka lowongan kerja bagi para calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dua instansi tersebut terkait dengan pemerintah daerah.

“Ada dua instansi kota Bontang dan Karangasem kayaknya mengundurkan diri,” ucap Paryono ketika dihubungi, Senin (25/11/2019).

Alasan dari adanya pembatalan rekrutmen tersebut lantaran proses input informasi serta validasi belum rampung.

Sedangkan untuk sebelumnya, hingga Minggu (24/11/2019) pukul 15.30 WIB, setidaknya sudah lebih dari 4,7 juta orang membuat akun daftar CPNS.

“3,6 juta sudah mengisi formulir pada tahap pendaftaran,” imbuh Paryono.

Dari sisi jumlah yang sudah kirim ialah sebanyak 2,76 juta orang. Jumlah yang mendaftar tersebut, banyak yang kirim lamaran ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Lebih lanjut, Paryono juga menyebut bahwa pendaftaran seleksi CPNS akan ditutup besok. Akan tetapi penutupan tersebut tidak secara keseluruhan.

“Ada yang besok ada yang besoknya lagi, tergantung kemarin dia buka tanggal berapa,” ungkapnya.

Sekedar informasi, 10 instansi yang mempunyai pelamar terbanyak ialah Kementerian Hukum dan HAM (486.821) orang, Kementerian Agama (65.667) orang, Kejaksaan Agung (53.525) orang.

Serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (42.450) orang, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (35.186) orang.

Terlepas dari itu adapula Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (30.129) orang, Mahkamah Agung RI (26.309) orang, Pemerintah Provinsi Jawa barat (24.651) orang, Kementerian Kesehatan (19.479) orang, dan juga Pemerintah Kabupaten Bogor (17.866) orang.

Tidak hanya dari instansi yang paling banyak saja, terdapat pula beberapa jenis instansi yang terbilang mempunyai jumlah pelamar sedikit.

Beberapa diantaranya ialah Sekretariat Jenderal MPR (281) orang, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (268) orang, Kementerian Pemuda dan Olahraga (225) orang, Kementerian Koordinator Bidang PMK (215) orang.

Lebih lanjut, kementerian Kabupaten Maluku Barat Daya hanya sebanyak (192) orang, Kementerian Bidang Polhukam (184) orang, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (133) orang, Setjen Komnas HAM (117) orang.

Dan untuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (94) orang, serta Kementerian Riset dan Teknologi (43) orang.

Dari beberapa daerah, memang masih sedikit yang mengetahui adanya referensi penerimaan CPNS. Sehingga banyak instansi yang dinilai mempunyai pendaftar dengan jumlah sedikit.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here