Bantu Warga Melahirkan Di Hutan, Polisi Di Bojonegoro Ini Viral

Bantu Warga Melahirkan Di Hutan, Polisi Di Bojonegoro Ini Viral
Foto : Istimewa

Oranyenews.com, Bojonegoro – Salah satu anggota kepolisian di Bojonegoro mendadak viral dikarenakan menolong perempuan yang sedang melahirkan di tengah hutan.

Kejadian tersebut berlokasi di Dusun Betek, Desa Gondang, Bojonegoro, dan tersebar melalui pesan berantai di media sosial dan aplikasi perpesanan Whatsapp.

Diketahui, polisi tersebut bernama Ipda BJ Handoko yang merupakan Kanit Binmas Polsek Gondang Bojonegoro, dan menolong perempuan bernama Astri Sulistyoningsih (32), warga Dusun Puguhrejo, Desa Gondang RT 28 RW7.

Sulityoningsih melahirkan di hutan Nglamur dengan alat seadanya, pada Jumat (6/12/2019) kemarin.

Pasca melahirkan, perempuan dan bayi tersebut berhasil selamat serta dibawa ke Puskesma Gondang guna dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Ketika dikonfirmasi, Ipda handoko menyebut jika aksinya tersebut merupakan tindakan yang spontan.

Hal tersebut dikarenakan dirinya melihat perempuan yang mulanya berbiat unutk pergi ke Puskesma, namun terkapar di jalan setapak pada area hutan.

“Ini aksi spontan bentuk rasa kemanusiaan. Saya melihat ibu itu saat melintas mau ke Mako (Polsek Gondang) untuk apel. Ibu itu hendak melahirkan terkapar di pinggir jalan saat mau dibawa ke puskesmas,” terangnya.

Bahkan, Handoko juga menyebut jika kepala bayinya sudah terlihat keluar dari rahim. Selanjutnyaa, secara spontan ia langsung memberikan pertolongan pada perempuan tersebut.

“Ada warga di sana, tapi tidak berani ambil tindakan akhirnya saya langsung memberikan pertolongan ibu itu. Ini spontan saja,” lanjutnya.

Terlepas dari itu, Kapolres Bojonegoro, AKBP Budi Hendrawan memberikan apresiasi kepada anggotanya.

Pasalnya sudah membantu msyarakat melahirkan di tengah hutan Nglamur dengan alat seadanya.

“Alhamdulillah Pak Handoko bisa membantu sehingga ibu dan bayinya selamat. Sekarang bayinya dirawat di RSUD Bojonegoro. Kami akan memberikan penghargaan kepada beliau,” tutur AKBP Budi Hendrawan, seperti yang dilansir dari Okezone, Sabtu (7/12/2019).

Lebih lanjut, meski sang ibu bisa selamat dan menjalani perawatan intensif di Puskesmas Gondang.

Akan tetapi bayi dengan jenis kelamin laki-laki dengan berat 1,6 kilogram tersebut akhirnya menghembuskan nafas terakhir di RSUD dr, Sosodoro Djatikoesumo, Sabtu (7/12/2019) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Bayi tersebut juga sempat memperoleh perawatan intensif di inkubator RSUD dr. Sosodoro Djatikoesumo Bojonegoro, pasca dirujuk dari Puskesmas Gondang, Jumat malam kemarin.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here