Stop Kirim Baju Bekas kepada Korban Tsunami Banten-Lampung!

0
85

ORANYENEWS- Bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung, tampaknya sudah mengalir dengan deras. Tapi, tampaknya dari pantauan di lapangan tidak terkoordinasi dengan baik.

Siska Anorita, dari Ibu Peduli Bencana mengaku awalnya sempat kesulitan untuk menyalurkan bantuan ke Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten.

“Karena kami melihat beberapa tempat pengungsian di wilayah Caringin, poskonya sudah sepi, bahkan kosong. Warga sudah kembali ke rumahnya atau ke rumah saudaranya, bagi yang rumahnya hancur,” ungkapnya di salah satu posko di Caringin, Sabtu 5 Januari 2019

Yang ironi, katanya, banyak bantuan yang melimpah tapi tidak dibutuhkan, yaitu pakaian bekas. “Saya melihat di kantor Desa Caringin baju bekas bantuan dari masyarakat menggunung, tidak dibutuhkan masyarakat saat ini. Namun, tadi ada beberapa mobil datang lagi dengan membawa beberapa karung berisi baju bekas lagi. Sayang, sangat mubazir,” katanya.

Menurutnya, lebih baik baju bekas tersebut jangan langsung dibawa ke korban bencana. Mungkin bisa dijual terlebih dahulu, baru nanti hasilnya dibelikan kebutuhan masyarakat.

Dia pun berharap, penyaluran bantuan kepada korban bencana agar lebih baik lagi ke depannya, agar tidak sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here