Ibu Peduli Bencana: Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Peralatan Sekolah

0
170

ORANYENEWS- Peristiwa tsunami Selat Sunda sudah dua pekan berlalu. Kini, kondisi masyarakat korban bencana telah berubah, begitu juga dengan kebutuhan mereka. Kali ini, masyarakat korban tsunami lebih membutuhkan peralatan sekolah.

Koordinator Ibu Peduli Bencana, Siska Anorita, mengungkapkan saat ini korban tsunami lebih membutuhkan peralatan sekolah. “Senin 7 Januari, masa sekolah akan dimulai setelah libur panjang. Sementara, peralatan sekolah mereka ikut hancur dan rusak, sama seperti rumah mereka diterjang tsunami, ” katanya, usai membagikan bantuan di Desa Caringin, Cigondang, dan Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten, Sabtu 5 Januari 2019.

Siska mengatakan, Ibu Peduli Bencana dan Yayasan Koin Langit telah mengumpulkan bantuan dari banyak donatur berupa kebutuhan ibu dan anak, dari celana dalam dan bra baru, pampers, selimut, susu bayi, pembalut, kebutuhan kamar mandi, indomie, minyak goreng, gula, air mineral, dan beras 3 karung.

“Setelah kami berinteraksi dengan warga, kami dapati informasi adanya kebutuhan peralatan sekolah untuk anak korban tsunami,” jelasnya.

Saat ini, sebagian warga sudah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan rumah mereka agar kembali layak ditempati.

Tapi, ada juga yang tidak bisa kembali ke rumah, karena rumah mereka hancur tidak berbentuk. “Sebagian ada yang memilih tinggal dengan saudara, ada juga yang dikontrakkan sementara melalui dana bantuan masyarakat,” cerita Haji Adung, salah satu tokoh masyarakat Cigondang.

Mereka masih butuh bantuan, kata Siska, karena belum bisa bekerja dengan baik dalam kondisi seperti ini. “Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai Nelayan. Saat ini mereka belum bisa bekerja dengan kondisi seperti ini,” katanya.

Siska menegaskan, pihaknya akan terus bergerak untuk mengumpulkan bantuan dari donatur, untuk meringankan korban bencana. “Semoga bisa meringankan beban mereka. Bagaimana pun mereka saudara kita, yang sedang membutuhkan uluran tangan kita semua,” katanya.

Sebagai informasi, Yayasan Koin Langit adalah organisasi sosial yang fokus terhadap membantu anak-anak, seperti salah satu event mereka di Tegal, yang akan digelar dalam waktu dekat.

Ibu Peduli Bencana adalah organisasi persatuan ibu-ibu rumah tangga dan karir yang peduli dengan kondosi wanita dan anak di pengungsian akibat menjadi korban bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here