Penderita Epilepsi Ditemukan Lebam-Lebam di Lapangan Banteng

0
129

ORANYENEWS- Dinas Sosial DKI Jakarta merespons terkait gambar viral di media sosial tentang keberadaan orang telantar dalam kondisi lebam di lapangan Banteng.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat itu mendapat laporan dari Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) Lapangan Banteng, Jakarta Pusat tentang adanya pria telantar.

“Ketika kami jemput dan selamatkan, pria itu sudah dalam kondisi lebam. Karena tidak bisa berkomunikasi, maka kami selamatkan dan kami bawa ke panti sosial” ujar Irmansyah saat ditemui di ruangannya pada Senin (20/8).

“Hal itu sudah menjadi Standard Operating Procedure (SOP) dari petugas-petugas kami di lapangan. Upaya penyelamatan dan perlindungan orang terlantar serta pelayanan sosialnya di panti sudah kami lakukan, lengkap dengan hasil assessment dan berita acara penerimaan”

Kepala Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Masyudi menyampaikan, ketika orang telantar itu berada di panti, petugas kesehatan panti segera melakukan pemeriksaan. Selain diperiksa, petugas juga memberikan perawatan kesehatan terhadap luka-luka lebam tersebut.

“Ketika dalam perawatan, yang bersangkutan sempat mengalami kejang-kejang karena epilepsinya yang dideritanya. Setelah itu baru kami mandikan dan bersihkan badannya” ungkap Masyudi.

Informasi ditemukannya orang telantar dalam kondisi lebam akhirnya sampai kepada pihak keluarga. Selanjutnya pihak keluarga datang ke panti untuk menanyakan keberadaan Ali. Petugas panti segera melakukan proses administrasi pengembalian kepada keluarga.

“Saat ini Ali sudah kembali ke keluarga, dijemput oleh Kakaknya. Kami sudah rawat sebaik mungkin di panti,” kata Masyudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here