PNS Bolos Kerja, Ini Hukuman yang Bakal Diterima

0
317

ORANYENEWS- Cuti bersama libur Lebaran telah berakhir. Hari ini seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus kembali bertugas dan fungsinya masing-masing dalam melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Nah, bagi siapa saja yang tidak masuk hari ini maka akan mendapatkan sanksi tegas. Apa saja sanksinya?

Cuti bersama Libur Lebaran 2018 tertuang dalam ketentuan dan kesepakatan Surat Keputusan Tiga Menteri terkait cuti bersama untuk libur Lebaran yang dimulai sejak 11 Juni lalu hingga 21 Juni atau 10 hari lamanya.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan sanksi bagi PNS  yang membolos di hari pertama kerja diatur di dalam PP 53 tahun 2010.

“Sanksi bagi mereka yang tidak masuk kerja telah diatur dalam Peraturan Pemerinntah (PP) 53/2010 tentang Disiplin PNS,” kata Ridwan dalam rilisnya, Kamis 21 Juni 2018.

Ridwan mengungkapkan ada dua macam sanksi yang diberikan kepada PNS bolos, yaitu berupa teguran lisan maupun tertulis. Jenis sanksi yang akan diberikan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PNS yang melakukan pelanggaran, bakal mendapatkan sanksi teguran lisan.

Teguran lisan akan diberikan kepada PNS yang tidak masuk kerja sampai dengan 5 hari kerja tanpa keterangan. Teguran lisan akan diberikan oleh kepala instansi masing-masing.

“Sanksi tersebut antara lain berupa teguran lisan bagi mereka yang tidak masuk kerja sampai dengan 5 hari kerja,” kata Ridwan.

Selain teguran lisan, PNS yang melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS juga bisa mendapat teguran tertulis.

Teguran tertulis ini diberikan kepada PNS yang tidak masuk kerja dalam kurun waktu 11 hingga 15 hari tanpa keterangan yang jelas.

“Teguran tertulis bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 6 sampai dengan 10 hari kerja,” kata Ridwan.

Selain itu, PNS juga bakal mendapatkan pernyataan tidak puas secars tertulis bila tidak masuk tugas dalam kurun waktu 11 hingga 15 hari lamanya.

“Pernyataan tidak puas secara tertulis bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 11 sampai dengan 15 hari kerja,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here