6 Tips KPAI untuk Pendatang Baru di Jakarta

0
58

ORANYENEWS- Arus balik mudik biasanya jumlahnya bertambah, seiring ikut sertanya pendatang baru di DKI Jakarta. Tak ada yang melarang, hanya saja jangan lupa banyak hal yang bisa terjadi di Jakarta, jika tidak memiliki persiapan. Jangan sampai rencana gemilang berubah menjadi bencana.

Apalagi jika anak-anak ikut serta di dalamnya. Sebab itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI memberikan 6 hal penting atau tips untuk dipertimbangkan saat datang ke Jakarta, sebagaimana dirilis Ketua KPAI Susanto.

Berikut 6 tips tersebut:

1. Kota bukan satu2nya tempat terbaik memperbaiki nasib keluarga. Banyak potensi2 desa dan daerah yg saat ini membutuhkan pelopor inovatif di desa. Ingat.. banyak orang2 sukses berawal dari mengembangkan dan menginovasi potensi2 lokal di desanya.

2. Jika, ingin ke Jakarta atau kota kota2 besar lainnya, hindari membawa keluarga dan kerabat yg non skill. Karena bisa menimbulkan masalah baru di kota2 tujuan. Hal ini utk menghindari potensi pengangguran dan masalah sosial lain. Pengangguran seringkali menimbulkan masalah anak, seperti; penelantaran, putus sekolah dan masalah anak lainnya.

3. Pastikan ada tempat tinggal di kota tujuan. Hindari tinggal di kolong jembatan, lokasi penampungan sampah, pinggir rel kereta api dan sungai serta tempat2 berbahaya lainnya. Hal ini sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

4. Pastikan jika membawa tenaga pengasuh dari kampung memiliki rekam jejak yg baik dan bukan pelaku kekerasan terhadap anak. Hal ini utk mencegah maraknya kasus-kasus anak di kota-kota tujuan baik penculikan, kekerasan maupun trafiking.

5. Jika membawa anak , pastikan identitas anak yang lengkap, seperti; Akte kelahiran, KTP ortu, Kartu Keluarga, serta identitas lain yg diperlukan. Hal ini utk memastikan pemenuhan hak dasar anak termasuk pendidikan.

6. Hati-hati, dalam melamar pekerjaan. Hal ini utk menghindari modus memanfaatkan pendatang baru, yg bisa merugikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here