Ini 8 Titik Macet yang Sempat Jadi Momok Bagi Pemudik

0
35
kemacetan pancoran

ORANYENEWS- Mudik dan macet biasanya menjadi dua sisi mata uang. Tapi, kini suasana mudik lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Padahal dalam 4 tahun terakhir, terdapat 8 titik kemacetan yang menjadi momok bagi para pemudik.

Berikut daftar titik-titik macet yang sempat menjadi momok bagi pemudik:

1. Simpang Jomin

Simpang Jomin berlokasi di ujung tol Cikampek. Penyehabnya terjadinya pertemuan lalu lintas dari jalur arteri Karawang Timur dengan arus dari tol Cikampek. Kemudian, dua jalur tersebut menjadi satu, mengarah menuju Jalur Pantai Utara (Pantura).

Tahun 2014, Simpang Jomin menjadi terkenal akibat macet parah yang diakibatkan. Saat mudik, lalu Lintas Kawarang Timur hingga Simpang Jomin yang berjarak 27 km ditempuh 9 jam, padahal hari biasa hanya 30 menit.

2. Sadang

Rute Sadang-Subang biasanya ditempuh pemudik yang menggunakan mobil. Jalur ini biasanya menjadi momok kemacetan.

Pada arus mudik tahun 2014, pemudik yang melintasi jalur ini harus ‘menikmati’ kemacetan berjam-jam. Padahal, rekayasa lalu lintas sudah diatur sedemikian rupa. Lalu linta menuju Jawa Tengah melalui jalur ini, dalam kondisi mudik bisa mencapai 12 jam.

3. Lohbener

Salah satu kunci di Jalur Pantura adalah Lohbener. Bila lancar di jalur ini, maka mudik pun akan lancar. Tapi bila macet, maka lebaran di kampung halaman hanya menjadi mimpi belaka.

Untuk memecahnya, dibangun jalan baru pada 2004 untuk mengalihkan arus. Daerah Lohbener, Indramayu ini memang menjadi langganan macet bertahun-tahun. Proyek pembuatan jalan baru ini sepanjang 9 km dari Jl. Raya Kiajaran sampai Jl. Raya Kongsi Jaya, Widasari, Indramayu.

4. Losarang

Jalur Pantura di Indramayu ini juga acap membuat trauma. Dari Jakarta, lokasinya sebelum Lohbener.

5. Losari

Lepas jalur Cirebon dan memasuki perbatasan Jawa Tengah, pemudik akan memasuki Losari. Setelah jembatan Losari menuju Brebes, sepanjang 10 KM dari Losari menuju Tanjung macet menghantui. Apalagi jalanan agak bergelombang, meski sebenarnya, jalan ini juga cukup lebar dengan dua lajur. Jalanan yang bergeronjal ini membuat laju kendaraan akan tidak maksimal, sehingga bisa membuat kemacetan.

6. Pejagan
Jalur Pejagan juga menjadi simpul macet yang tak tertolong. Sebab, tol dari Cirebon keluar dari Pejagan dan bertemu dengan jalur pantura. Kini, jalur Pejagan terurai karena tol sudah sampai Semarang.

7. Dermoleng
Selepas Pejagan, bagi yang akan menuju Purwokerto akan menemui simpul Dermoleng, yaitu ada jalur kereta api. Untuk mengurainya, pemerintah membangun flyover dan mengurai kemacetan sejak 2017.

8. Alas Roban
Alas Roban merupakan salah satu titik rawan macet di Jalur Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura). Bentuk jalan yang menikung dan menanjak membuat kendaraan besar seperti truk pengangkut barang harus ekstra hati-hati saat melintasinya.

Kondisi seperti itu rawan menimbulkan kemacetan panjang saat arus lalu lintas sedang padat seperti saat musim mudik Lebaran. Tak jarang, kecelakaan kendaraan dijumpai di titik ini juga karena ada lingkungan sekitar alas roban masih berbentuk hutan dan minim penerangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here