Awas Calo Masuk Kampus UIN ‘Gentayangan’, Minta Uang Rp150 Juta

0
224

ORANYENEWS- Dua orangtua calon mahasiswa berjuang dengan cara apapun agar anak mereka masuk ke Universitas Islam Negeri (UIN). Salah satunya memberikan uang Rp150 juta kepada seseorang ‘pengawai’ yang disebut-sebut sebagai jalur khusus agar anaknya masuk kampus tersebut.

Ternyata, kedua orangtua tersebut jatuh ke tangan penipu, yang memanfaatkan kebutuhan orangtua mahasiswa tersebut.

Merasa ditipu, Hj Rosa Fitri pun melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Tangerang Selatan 15 Mei 2018.

Peristiwa bermula, Hj Rosa Fitri dihubungi teman-nya yang menginformasikan ada ‘jalur khusus’ untuk masuk Fakultas Kedokteran UIN (diperuntukkan bagi anak Korban). Jalur khusus yang dimaksud adalah melalui Syafullah als Arif, warga Mekarsari, Cimanggis, Depok yang mengaku sebagai pegawai UIN.

Kemudian, Hj Rosa dan ibu Tine menghubungi dan bertemu dengan Syafullah alias Arif. Saat ditelepon dia meminta uang sebesar Rp150 juta, untuk diserahkan ke Dekan fakultas Kedokteran UIN guna meloloskan anak mereka.

Pertemuan untuk memberikan uang pun dilakukan di Rumah Makan Ayam Bakar Situ Gintung, Kec Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Tapi selidik demi selidik, ternyata yang bersangkutan bukan karyawan UIN sehingga korban melapor ke polres Tangsel.

Berdasarkan keterangan dari korban dan saksi-saksi, kemudian tim melakukan Penyelidikan dan Penyidikan kemudian didapat informasi keberadaan tersangka berada di kab. Bogor. Lalu tim bergerak dan melakukan penangkapan tersangka pada hari Jumat Tanggal 8 Juni 2018 dan selanjutnya dibawa ke Polres Tangsel untuk proses lebih lanjut

Ternyata, Syafullah alias Arif adalah seorang residivjs yang pernah dijatuhi hukuman 1 Tahun penjara (bebas pada November 2017) karena melakukan Kejahatan dengan modus yang sama pada Tahun 2016 (Kasus ditangani Sat Reskrim Polres Tangsel).

Polisi berhasil mengamankan tersangka dari rumah istri keduanya. Tersangka mengaku uang kejahatan terse untuk digunakan untuk membayar Hutang dan mengadakan upacara pernikahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here