Gunakan AC Saat Macet Mudik, Bahaya Atau Tidak? Ini Jawabannya

0
258
Suasana mudik

ORANYENEWS- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memprediksi kemacetan mudik Lebaran akan terjadi pada Jumat, Sabtu, Minggu atau 8,9,10 Juni 2018. Jika dalam kondisi macet apa saja yang harus diperhatikan?

Salah satu yang sering menjadi pertanyaan ketika macet adalah, apakah boleh terus menggunakan AC mobil selama terjebak macet, atau membuka jendela? Begini jawabannya.

dr Agus Dwi Susanto SpP(K), ahli pernapasan dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi di kala terjebak macet.

“Untuk mobil ber-AC, tutup jendela dan nyalakan AC mode recirculate. Jangan outdoor circulate,” saran DR dr Agus.

Dokter Agus mengatakan jika terjebak dalam keadaan macet total dan diperkirakan macet lama, hal tersebut dapat meningkatkan kadar karbondioksida (CO2) di dalam mobil dan berbahaya bagi penumpang.

“Jika penumpang banyak dapat meningkatkan C02 dalam kabin yang juga berbahaya. Jadi buka jendela tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar dari kabin,” ujar dr Agus.

Kemudian jika mobil tidak ber-AC dan mengalami macet saat mudik, maka tidak disarankan menutup jendela. Jika macet total lebih baik mematikan mesin, dan sebaiknya keluar mobil.

“Itu punya dampak CO2 naik dalam kabin dan juga panas, jadi bisa dehidrasi dan terkena dampak suhu panas,” ujar dr Agus.

Demikian saran dari dr Agus, semoga bermanfaat dan selamat menjalani mudik lebaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here