Tips Bagi-Bagi Uang Lebaran

0
246

ORANYEWS- Salah satu aktivitas yang dinanti saat Hari Raya Idul Fitri adalah pembagian uang saku. Momen ini sangat dinantikan anak-anak dari yang kecil hingga remaja. Tradisi ini terjadi pada semua lapisan masyarakat dari kalangan bawah hingga atas. Semuanya ingin berbagi.

Tidak sedikit orang kebingungan bagaimana cara mengatur dan membagi-bagikan uang saku sehingga terkadang kurang atau berlebih.

Berikut tips bagaimana membagikan uang saku saat lebaran:

Hati Yang Ikhlas

Yang paling pertama dan utama saat hendak berbagi adalah hati yang ikhlas, agar apa yang dikeluarga menjadi bagian dari ibadah setelah menjalankan ibadah Puasa selama sebulan penuh.

Jangan berbagi diniatkan untuk menyombongkan diri, riya kepada orang lain baik dalam keluarga besar atau dalam bertetangga. Niscaya apa yang dikeluarkan tidak akan mendapat pahala.

Jika niat dengan ikhlas tentu semua yang dikeluarkan akan terasa ringan dan menyenangkan.

Bikin Daftar Penerima Uang Saku

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar, siapa saja yang akan diberi amplop Lebaran. Mulai dari orang terdekat, dari anak, keponakan, keluarga besar, hingga tetangga yang dekat dan sering datang ke rumah saat lebaran.

Jangan Paksa! Sesuaikan Kondisi Uang

Amplop Lebaran sifatnya adalah tradisi bukan kewajiban, sehingga tidak perlu memaksakan diri jika ternyata kondisi keuangan tidak memungkinkan anda memberikan uang lebaran.

Berikan dengan Adil

Dalam memberi tentukan berapa yang akan anda berikan kepada siapa. Berikanlah dengan adil, jangan sampai anak yang sudah SMA disamakan dengan anak yang masih SD, tentunya kebutuhan keduanya berbeda.

Kreatif dalam memberi uang lebaran
Ada baiknya dalam memberikan uang lebaran dilakukam secara kreatif agar di dalam keluarga semakin dekat. Misalnya, anak-anak sekarang biasanya kurang mengenal dengan baik nama kakek nenek mereka. Bisa saja dibikin kuis agar mereka dapat mengenal siapa nama keluarga mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here