Jalan Kaki Jagakarsa-Pancoran, Kakek Toto Terlantar 3 Hari di Jalanan

0
159

ORANYENEWS- Niat hati menemui sang anak di kawasan Pancoran, apa daya dimensia yang diderita membuat kakek Toto (70) yang berjalan kaki dari Jagakarsa itu tersasar dan terlantar selama 3 hari di jalanan.

Petugas satuan pelaksana sosial di Kecamatan Jagakarsa, Bambang Susilo menceritakan awalnya kakek Toto awalnya berencana ingin menemui anaknya di Pancoran, Jakarta Selatan. Sendirian, dia nekat berjalan kaki dari rumah anak lain yang ditinggalinya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kakek Toto ditemukan warga di jalanan sekitar Pancoran dengan kondisi memprihatinkan. Baju lusuh dan kepalanya terluka diduga karena terjatuh di jalan. Warga pun segera membawanya ke Kantor Polisi Sektor Pancoran.

Selanjutnya warga juga memberitahu Dinas Sosial melalui akun twitter. Setelah itu Petugas Dinas Sosial Kecamatan Jagakarsa dan P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan segera menjemput Bapak Toto.

Kemudian, pihak dinas sosial langsung menyebarluaskan informasi tentang penemuan lansia telantar asal Jagakarsa. Upaya tersebut berhasil, ernyata ada yang mengenal kakek Toto dan mengetahui alamat rumahnya.

Mendapat informasi tersebut, petugas kemudian menghubungi pihak keluarga Toto yang berada di Jagakarsa untuk memastikan kebenaran informasi kehilangan seorang lansia bernama Toto. Keluarga pun mengakui bahwa kakek Toto memang lansia yang sudah hilang selama tiga hari.

“Kami pun mengantar bapak Toto ke rumahnya. Karena akses tidak dapat dilalui kendaraan maka anggota mengambil alternatif lain dengan menggendongnya ke rumah,” terang Bambang.

Bambang juga mengatakan, rumah yang Toto tinggali di Jagakarsa merupakan rumah anaknya. Ia juga punya anak lagi di Pancoran, anak itu lah yang ingin ia kunjungi.

Anaknya menjelaskan kepada petugas bahwa ayahnya memang sudah pikun sehingga lupa dan maunya keluar mulu. Anaknya juga sudah mencari ke sana ke mari, saar kakek Toto menghilang.

Keluarga merasa bersyukur akhirnya Toto bisa kembali ke rumahnya. Petugas pun berpesan agar menjaga dan merawat Toto dengan baik sehingga kejadian kehilangan seperti ini tak terulang kembali.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here