Engineering Telkom University Terakreditasi Internasional

0
210
(foto: Telkom University)

ORANYENEWS- Telkom University hari ini selasa (13/3) menerima pengakuan Internasional Program Studi (Prodi) S1 Teknik Telekomunikasi (S1 TT) dan S1 Teknik Industri (S1 TI). Pengakuan internasional ini diserahkan oleh chairman PII (Persatuan Insinyur Indonesia) Dr. Hermanto Dardak dalam acara Dissemination of International Accreditation, IABEE Inauguration and International Seminar on Quality of Engineers di Hotel JS Luwansa Jakarta.

Program studi Teknik Telekomunikasi fakultas teknik elektro sebelumnya telah di visitasi pada Desember 2017 lalu disusul dengan visitasi di program studi teknik industri fakultas rekayasa industri pada Januari 2018 dan pada hari Selasa (13/3) penyerahan penghargaan nya.

Rektor Telkom University Professor Mochamad Ashari mengatakan capaian ini merupakan bentuk komitmen Telkom University untuk terus meningkatkan kualitas nya, hal ini dibuktikan dengan prestasi bertaraf internasional.

“Sebelumnya prodi S2 Managemen sekarang kita mendapat 2 akreditasi internasional lagi yakni S1 TT dan S1 TI, kita akan kejar terus agar seluruh prodi di Telkom University bisa terakreditasi internasional.” Ucapnya.

Dalam acara ini Dr Yasuyuki Aoshima (eksekutif managing director JABEE) menjelaskan, bahwa JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) telah dipercaya oleh JICA (Japan International Cooperation Agency) melaksanakan proyek ini sejak 2013, saat ini JABEE telah berhasil menyusun kriteria akreditasi serta instrumen evaluasinya, melatih evaluator dan telah mengakreditasi 11 prodi dan akan mengakreditasi 20 prodi di tahun 2018.

“Saya senang projek tersebut dilaksanakan dengan rasa kepemilikan masyarakat Indonesia dan bantuan dari pakar IABEE, ada komitmen kuat dari pemerintah RI dan kelompok pakar indonesia yang memiliki motovasi tinggi dari kalangan akademisi dan industri yg bekrja secara sukarela untuk IABEE.” Ucapnya.

Selain Telkom University akreditasi IABEE juga diberikan kepada 5 universitas lain diantaranya adalah UI, IPB, UII, ITS, dan Universitas Surabaya.

IABEE (Indonesian Accreditation Board of Engineering Education) merupakan sebuah organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi teknik. Ini dicapai melalui penjaminan bahwa Program-program Studi teknik diselenggarakan dengan memenuhi bakuan-bakuan minimum, dan dengan mempergiat peningkatan mutu berkesinambungan dalam lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Nama resmi IABEE dalam bahasa Inggris adalah Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here