Indonesian Diaspora Network-United: Menyatukan dan Menjadikan Lebih Baik

0
113

ORANYENEWS- Sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan di Jakarta tanggal 22 Januari 2018 antara para pucuk pimpinan yang mewakili dua entitas Indonesian Diaspora Network (IDN) Global, maka telah disepakati oleh kedua belah pihak bahwa kedua entitas tersebut diputuskan berjalan secara terpisah sesuai dengan aspirasi, visi, dan misi masing-masing dengan mengganti nama IDN Global dengan nama-nama baru agar dapat membedakannya. IDN Global penyelenggara Global Summit pada tanggal 21-22 Agustus 2017 di Jakarta diubah namanya dari “Indonesian Diaspora Network Global (IDNG)” menjadi “Indonesian Diaspora Network-United (IDN-United)”.

Diaspora Indonesia adalah para perantau Indonesia di luar negeri, tersebar di berbagai negara di seluruh dunia dan berjumlah sekitar delapan juta jiwa, setara dengan jumlah penduduk Sulawesi Selatan. Diaspora Indonesia kini telah berkembang menjadi komunitas jaringan yang sarat modal dan talenta. Namun demikian, potensi dan kontribusinya untuk kemajuan Indonesia dan diaspora Indonesia di seluruh dunia belum optimal. Saatnya kini untuk membuat perubahan. Bukan lagi wacana dan pencitraan, tapi perlu cara baru dan organisasi yang lebih baik agar menghasilkan karya-karya nyata. IDN-United hadir untuk menjawab tantangan tersebut. Organisasi ini dibentuk secara demokratis dengan pemilihan pimpinan (presiden) secara terbuka. IDN-United dikelola secara profesional, berkantor pusat di Jakarta.

Visi IDN-United adalah menjadi organisasi yang mewadahi diaspora dengan prinsip demokratis, terbuka, dan berfungsi lebih baik dari yang sebelumnya dengan memberdayakan jejaring, keahlian, dan talenta untuk kemajuan Indonesia dan diaspora Indonesia di seluruh dunia. IDN-United mempunyai visi menjadikan para diaspora Indonesia aktor yang membantu kesejahteraan dan pembangunan di tanah air. 

Misi IDN-United adalah memperkuat diaspora dan organisasi jejaringnya dengan merangkul dan menyatukan berbagai komponen-komponen aktif diaspora berdasar fungsi, keahlian, bidang minat, dan kebersamaan yang mutual, serta menyatukan komponen kemasyarakatan dalam lingkup diaspora untuk bersama-sama mewujudkan karya-karya nyata demi kemajuan Indonesia dan diaspora.

Berlaku efektif hari Kamis 8 Maret 2018, maka IDN Global penyelenggara Global Summit pada tanggal 21-22 Agustus 2017 di Jakarta diganti namanya dari “Indonesian Diaspora Network Global (IDNG)” menjadi “Indonesian Diaspora Network-United” disingkat sebagai IDN-United yang bertujuan untuk menjadikan organisasi diaspora Indonesia yang lebih baik dari sebelumnya. Sebab para diaspora Indonesia dan tanah air Indonesia berhak mendapatkan yang lebih baik. 

SHARE
Previous articleIni Penyebab Tewasnya Bos Matahari Group
Next articleMelalui GenBI, Bank Indonesia Bantu Mahasiswa Universitas Jember
Djoko Ari Wibowo
Reporter Oranyenews.com Panggilan akrabnya adalah Djoko. Merupakan alumni Universitas Pelita Harapan tahun 2010. Sejak lulus Djoko bekerja di portal media milik jawapost group. Namun diawal tahun dia bekerja ada pergolakan di hatinya yang merasa pekerjaannya sebagai wartawan suatu pengabdiannya untuk membokar kasus kasus permasalahan di negri tercinta ini (Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here