Top Story: Dua Pengemis ‘Kaya’ Terciduk Bawa Uang Puluhan Juta

0
191

ORANYENEWS- Bulan Ramadan memang tersisa beberapa bulan lagi, namun peredaran pengemis sudah marak di sejumlah wilayah. Tercatat, dua pengemis ‘kaya’ terciduk di Jakarta dan Tasikmalaya, keduanya mengantongi uang puluhan juta beserta emas 15 gram.

Epon, ‘Pengemis Kaya’ Tasikmalaya

Pengemis pertama adalah Epon (63), dia terciduk satpol PP dan Polres Kota Tasikmalaya saat razia bersama pada Kamis 22 Februari 2018. Tercatat ada 18 pengemis yang berhasil terjaring. Saat diperiksa, Epon ternyata memiliki uang Rp43 juta beserta 15 gram emas.

Saat ditanya, dia mengaku bahwa uang tersebut hasil keliling mengemis di sejumlah pasar seperti Pasar Pancasila, Cikuburuk, dan Pasar Lalma Salila di wilayah Kota Tasikmalaya selama 18 bulan. Epon pun kemudian dikembalikan ke kampung halamannya di Kampung Cisangkir Rt 03 Rw 06 Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Ketua RT setempat bernama Uju mengungkapkan Epon berasal dari keluarga yang cukup mampu. Anaknya sudah berulangkali mengingatkan agar ibunya tidak mengemis, namun sang ibu tak menggubrisnya.

Epon mengaku uang Rp43 juta dan emas 15 gram yang didapatinya untuk memperbaiki atap loteng rumah anaknya yang sudah rusak.

Amien, ‘Pengemis Kaya’ di JPO Slipi

Jumat malam, Dinas Sosial Jakarta Barat melakukan razia dan mendapati salah seorang pengemis di JPO Slipi bernama Amien berusia 51 tahun. Pria yang mengaku merantau di Jakarta dari Tegal selama 3 tahun itu mengaku tidak memiliki sanak saudara di Jakarta.

Sebelum mengemis, Amien mengaku memulung sampah dan menjualnya kepada pengepul. Namun, karena belakangan ini dia sering sakit-sakitan, akhirnya dia mengemis hingga tertangkap satpol PP.

Dari kantong kresek yang dibawanya, tercatat uang jutaan rupiah berada di dalamnya. Dia kemudian di bawa ke dinas social untuk mendapatkan penyuluhan dan bimbingan agar tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here