Mahasiswa Bangka Belitung Menerima Penghargaan Pendidikan Vivian Gordon Bowden

0
170
Australia Embassy (foto: Ist)

ORANYENEWS- Perwakilan Kedutaan Besar Australia menyerahkan Penghargaan Pendidikan Vivian Gordon Bowen hari ini untuk dua mahasiswa Universitas Bangka Belitung, Nopa Laura dan Muhammad Abdul Kadir.

Vivian Gordon Bowden adalah Perwakilan Pemerintah Australia di Singapura. Beliau meninggal dunia pada 17 Februari 1942 di Muntok, Pulau Bangka – dan ia menjadi satu-satunya diplomat Australia yang terbunuh dalam Perang Dunia II.

Penghargaan Pendidikan ini, yang mencakup biaya pendidikan dan hidup, akan diberikan untuk dua mahasiswa setiap tahun, selama tiga tahun. Biografi Vivian Gordon Bowden juga akan dipamerkan di Museum Timah Muntok.

“Kami senang bisa mendukung para mahasiswa setempat untuk mengenang Vivian Gordon Bowden, yang meninggal secara tragis di Pulau Bangka,” kata Allaster Cox, Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia.

“Bangka memegang posisi sejarah yang penting bagi warga Australia,” lanjut Cox. “Selain Bowden, kami juga mengenang 22 perawat Australia yang dibunuh di Pantai Radji pada 16 Februari 1942.”

Perwakilan Pemerintah Australia akan bergabung bersama kerabat pada upacara peringatan di Muntok pada 16 Februari untuk menyampaikan rasa hormat pada para perawat Australia dan masyarakat setempat yang menolong mereka yang selamat dari insiden tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here