Perpendek Masa Tunggu Lulusan, LP3M Universitas Jember Gelar Job Fair 2018

0
275
Ketua LP3M memberikan laporan kegiatan (foto: Humas Unej)

ORANYENEWS- Universitas Jember melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menggelar kegiatan Job Fair selama dua hari di Gedung Soetardjo (14-15/2). Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan antara lulusan Universitas Jember dengan perusahaan yang tengah mencari karyawan. Terdapat 29 perusahaan dari berbagai bidang yang turut berpartisipasi. Menurut Ketua LP3M, Muhammad Taufik, kegiatan Job Fair yang digelar secara rutin diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan kampus Tegalboto.

“Dari data yang ada, rata-rata masa tunggu lulusan Universitas Jember untuk mendapatkan pekerjaan adalah 6 hingga 8 bulan. Dengan adanya kegiatan Job Fair, kami harapkan masa tunggu tersebut makin pendek,” jelas Muhammad Taufik saat memberikan laporan kegiatan. Menurut pria yang juga dosen di FKIP ini, selain kegiatan Job Fair, pihaknya menggelar workshops bagaimana tips dan trik lolos seleksi kerja. “Kami mengundang setiap perusahaan untuk memberikan gambaran tentang cara-cara bagaimana menembus dunia kerja sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh tenaga kerja. Bagaimana mengenal dan memanfaatkan potensi diri secara lebih tepat sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Prof. Muhammad Sulthon, Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Informasi dan Humas, mengapresiasi program Job Fair yang digelar oleh LP3M. Pasalnya kerjasama antara perguruan tinggi dengan perusahaan mutlak dijalin. “Salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari berapa lama masa tunggu lulusannya dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk itu saya minta agar LP3M memperbanyak pelatihan dan meningkatkan kerjasama dengan stake holders kita,” tuturnya.  Prof. Muhammad Sulthon juga meminta jajaran LP3 lebih memperhatikan pelacakan jejak alumni (tracer study) khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah agar didapatkan data yang valid.

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor III juga menjelaskan jika salah satu upaya dalam membuka peluang kerja bagi lulusan Kampus Tegalboto adalah dengan memperkuat jalinan kerjasama dan jejaring melalui alumnus dalam wadah Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje). “Salah satu kerjasama yang melibatkan alumni yang sudah kita lakukan adalah dengan BRI, nantinya lulusan terbaik Universitas Jember berkesempatan direkrut oleh BRI,” kata Prof. Muhammad Sulthon.

Kegiatan Job Fair diikuti oleh 29 perusahaan, antara lain BTPN Syariah, BCA, PT. Pharos, PT. Bogasari, PT. DuPont, jaringan Hotel Dafam Lotus, PT. Riau Sakti United Plantations, PT. Trans Retail dan lainnya. Dalam sesi workshops, peserta mendapatkan berbagai informasi tentang peluang kerja, sekaligus mengenal kebutuhan perusahaan terhadap potensi tenaga kerja. Untuk kesempatan pertama, pemaparan materi diberikan oleh perwakilan PT. DuPont.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here