Bencana Longsor dan Banjir Masih Mengancam, Masyarakat Diimbau Waspada

0
159

ORANYENEWS- Ancaman longsor dan banjir diperkirakan masih berpotensi terjadi dalam bulan Februari dan Maret, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Imbauan tersebut disampaikan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melalui siaran persnya, Kamis 8 Februari 2018.

Dia mengungkapkan hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa saat ini wilayah Indonesia masih berada pada musim hujan. BMKG memprediksikan hujan berintensitas tinggi akan berlangsung hingga Maret 2018 mendatang, dimana puncak hujan terjadi selama Februari 2018. Sebab itu, potensi bencana banjir, longsor dan puting beliung juga akan meningkat.

Sutopo mengungkapkan bahwa potensi longsor di Pulau Jawa saat ini meluas yaitu di daerah-daerah yang memiliki topografi pegunungan, perbukitan dan di lereng-lereng tebing yang di bawahnya banyak permukiman. Wilayah ini memanjang di Jawa bagian tengah hingga selatan. Dari peta potensi longsor pada Februari 2018, wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah daerah yang memiliki potensi paling banyak dari ancaman longsor.

Sejumlah wilayah rawan longsor tinggi di Provinsi Jawa Barat meliputi Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Bandung Barat, Bandung Selatan, Purwakarta, Garut, Sumedang, Kuningan, dan Tasikmalaya.

Untuk potensi ancaman di Jawa Tengah terdapat di Kabupaten Banjarnegara, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Pekalongan, Temanggung, Semarang, Karanganyar, Tegal, Wonogiri, Magelang, Purbalingga dan Boyolali. Di Jawa Timur terutama di Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Malang, Pacitan, Mojokerto, Jember, Banyuwangi dan lainnya ( *lihat peta: warna merah = bahaya tinggi, kuning = bahaya sedang, hijau = bahaya rendah*).

Sebab itu, Sutopo berharap masyarakat untuk lebih berhati-hati lagi dalam menghadapi bencana longsor dan banjir yang mengancam di Februari dan Maret 2018 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here