Perguruan Tinggi Asing Harus Mampu Tawarkan Inovasi dan Perubahan

0
139
Universitas Indonesia (UI) foto: Ist)

ORANYENEWS- Perguruan Tinggi asing kini diizinkan untuk beroperasi di Indonesia setelah mendapatkan izin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kehadiran mereka bisa dimanfaatkan untuk memajukan kualitas pendidikan di Tanah Air. Perguruan Tinggi asing harus bisa membawa inovasi dan perubahan bagi dunia pendidikan Indonesia.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Sugianto Tandra mengatakan, kehadiran Perguruan Tinggi asing jangan dimaknai sebagai ancaman bagi Perguruan Tinggi di Indonesia. Kehadiran Perguruan Tinggi asing seharusnya bisa memacu Perguruan Tinggi lokal untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan juga riset. Perguruan Tinggi asing bisa menjadi mitra bagi Perguruan Tinggi lokal dalam meningkatkan kualitas dua hal tadi.

Meskipun demikian, Sugianto juga meminta pemerintah untuk memperhatikan beberapa hal terkait kebijakan beroperasinya Perguruan Tinggi asing di Indonesia. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait hal ini harus mengakomodir hal-hal yang menjadi alasan kenapa banyak orang tua menyekolahkan anaknya di luar negeri. Kebijakan ini, lanjutnya, harus membawa dampak positif bagi Perguruan Tinggi lokal. Perubahan positif yang berdampak bagi Perguruan Tinggi lokal diharapkan bisa menjawab harapan para orang tua yang lebih memilih menyekolahkan anaknya di luar negeri.

“Kesimpulannya, kebijakan ini yang perlu disambut baik. Namun perlu dilihat apakah ketentuan yang dikeluarkan nanti juga memperhatikan apa yang menjadi keinginan orang tua yang selama ini mengirimkan anak mereka ke luar negeri untuk studi. Kalau belum, maka pemerintah perlu mempertimbangkannya agar ketentuan yang keluar nantinya tidak hanya bermanfaat bagi Perguruan Tinggi dalam negeri dan partner asing mereka, kebijakan ini juga harus menarik bagi orang tua sehingga mereka tidak ragu untuk menyekolahkan anak mereka di Perguruan Tinggi lokal,” jelas Sugianto.

Sugianto memaparkan, beberapa hal yang sering menjadi alasan bagi orang tua yang mengirimkan anaknya ke luar negeri untuk kuliah adalah pengalaman pendidikan, expose terhadap budaya akademik luar negeri (terutama di barat), meningkatkan kemampuan berbahasa asing dan keamanan. Hal-hal inilah yang harus diperhatikan oleh Perguruan Tinggi lokal, terutama dalam peningkatan mutu pendidikan dan juga riset.

Pemerintah menetapkan beberapa syarat bagi Perguruan Tinggi asing yang akan beroperasi di Indonesia. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah keharusan menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia, terakreditasi di negara asalnya dan sudah terbukti berkualitas, pembatasa investasi asing maksimal 67%, beroperasi di wilayah tertentu dan memiliki program studi Science, Technology, Engineering dan Mathematic (STEM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here