Hasil Penelitian: Puasa Bermanfaat Sembuhkan Diabetes

Diabetes

JAKARTA- Banyak yang bertanya, mengapa seorang muslim harus menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh? Selain, tunduk atas perintah Yang Maha Kuasa, apa manfaatnya berpuasa bagi seorang muslim?.

Ternyata, hasil penelitian dari Universitas Newcastle menjawab pertanyaan tersebut. Dikutip dari The Guardian, dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa dengan berpuasa, penyakit diabetes tipe 2 akan berkurang.

Demikian salah satu hasil riset yang dilakukan selama 8 pekan kepada 11 orang pasien dengan total 600 kalori berkurang setiap hari karena berpuasa. Hasilnya, 11 orang tersebut terbebas dari diabetes tipe 2 selama menjalankan puasa. Riset lainnya menyebut bahwa jika penderita diabetes segera puasa, maka penyakit tersebut akan cepat teratasi.

Pemimpin riset, Rob Taylor, mengatakan puasa juga bermanfaat dapat menghilangkan lemak berbahaya di dalam organ tubuh, termasuk mengendalikan kadar gula di pankreas dan hati.

Jika kadar gula seseorang terlalu tinggi, maka pankreas membuat hormon insulin memberitahu hati untuk mengeluarkan gula dan menyimpan dengan aman. “Jika Anda memiliki lemak di sekitar organ tersebut, itu menyumbat cara kerja mereka dan tubuh Anda tidak dapat mengendalikan gula darahnya,” kata Taylor.

Lain itu, ilmuwan di University of Southern California, Valter Longo, juga percaya bahwa puasa berkala dapat membantu orang tetap sehat. Misalnya dalam masalah sel imun, dapat dipangkas kembali sehingga ketika seseorang mulai makan, maka sel baru akan terlahir kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here