Ingin Liburan Hemat dan Menyenangkan, Ini 7 Tipsnya

0
419
Ilustrasi liburan

JAKARTA- Liburan akhir tahun tersisa tiga bulan lagi, apakah Anda sudah menyiapkan akan menghabiskan akhir tahun Anda dimana? Tapi, jangan lupa pastikan liburan Anda sudah disiapkan dengan baik agar hasilnya tidak boros dan menyenangkan.

Untuk dapat liburan yang menyenangkan tidak melulu harus ke luar negeri. Berlibur di dalam negeri, Indonesia juga banyak tempat-tempat yang indah untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga. So, untuk kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, baca dulu tips ini ya:

7 Tips Liburan Hemat

Survei lokasi (foto: Ist)

 

1. Survei Lokasi Liburan

Berlibur ke tempat yang belum kamu kunjungi tentunya harus memiliki persiapan. Salah satu persiapan yang penting adalah melakukan survei tempat. Dengan era teknologi yang canggih, survey bisa dilakukan melalui internet, pengalaman orang yang sudah pergi ke lokasi wisata, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Lain itu, dengan hasil survey tersebut, kamu bisa menghitung berapa uang yang harus disiapkan untuk menuju ke tempat wisata yang diinginkan. Cek juga, jika ada promosi atau diskon, agar dapat menekan biaya lebih murah.

2. Pesan Sejak Jauh Hari

Usai survei dan menentukan tempat yang akan kamu tuju, segera mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya, pemesanan dilakukan dari jauh hari sebelum hari H, agar kamu bisa mendapatkan harga special yang lebih murah, atau bisa dapat penawaran menarik lain saat kamu berlibur nanti.

3. Baiknya Pergi Bukan di Musim Liburan

Ilustrasi liburan

Tempat wisata sudah pasti akan menaikkan harga saat musim liburan, dan ini biasanya bisa membuat budget menjadi bengkak, ketimbang berlibur di musim biasa atau low season. Sebab itu, jika kamu ingin berhemat saat berlibur, baiknya pergi liburan sebelum atau sesudah musim libura. Jika di luar musim liburan, kamu juga dapat menikmati liburan, ketimbang di musim liburan, yang sudah pasti banyak orang berlibur.

4. Nyaman Lebih Penting dari Mewah

Jika ingin hemat, lupakan tentang liburan mewah. Namun, jangan karena ingin hemar liburanmu menjadi tidak nyaman. Paling penting dahulukan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asal nyaman, semua pasti akan senang liburan. Tapi, pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah. Tentu ini keinginan semua orang, walaupun itu jarang terjadi.

5. Pastikan Bawa Uang Tunai

Pastikan membawa uang tunai selama liburan. Bukan untuk berfoya-foya, tapi agar bisa mengatur pengeluaranmu selama libura. Dengan uang tunai, kamu bisa melihat berapa uang yang tersisa, sehingga berpikir dulu sebelum mengeluarkan uang.

Tapi, jika kamu kecurian bawalah uang secukupnya saja, bisa membawa debit atau kartu kredit, itu bisa membantu jika membutuhkan uang mendadak.

6. Jangan Lupa Catat Pengeluaran Selama Liburan

Mungkin sedikit repot, tapi jangan lupa selalu catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan walaupun itu sekecil apapun. Pasalnya ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang mengalir. Dengan itu kita dapat menekan kemungkinan kita untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

7. Berbelanja!

Ini harus menjdi perhatian, karena seringkali sumber pengeluaran terbesar dan tak terduga adalah saat berbelanja. Pasalnya, selama liburan tentu membeli oleh-oleh, hingga beberapa barang untuk mengenang momen. Tapi, jangan jadikan belanja sebagai yang utama, jika tidak ingin uang langsung habis untuk liburan selanjutnya.

Cari juga tempat belanja yang murah tapi tidak murahan. Bisa ke pasar tradisional yang lebih murah membeli barang ketimbang ke toko cinderamata.

Yuk Liburan!

(Baca Juga : Lokasi Berbulan Madu di Indonesia, Nomor 3 Paling Romantis )

Dengan mempersiapkan liburan dengan cara di atas, artinya kamu sudah siap untuk liburan. Dan terakhir, pastikan disiplin dengan apa yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jadi, selamat berlibur bersama keluarga.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here