Wajib Dicoba, Ini Cara Membedakan Emas Asli Dengan Cuka

Wajib Dicoba, Ini Cara Membedakan Emas Asli Dengan Cuka
Foto : Wikihow

Oranyenews.com, Jakarta – Tidak sedikit orang yang belum paham dengan tata cara membedakan emas asli dengan yang palsu.

Ketika diperlihatkan secara sepintas, antara emas asli dan palsu tampak begitu sulit untuk dibedakan. Sehingga membuat beberapa kalangan sedikit bingung.

Nah secara tidak langsung, ketika kita hendak bertransaksi dengan seseorang, maka perlu dipastikan apakah emas yang mereka jual tersebut memang benar asli, atau memang hanya barang imitasi yang dibuat menyerupai emas.

Tujuannya ialah supaya kita tidak tertipu oleh oknum yang bisa saja berniat tidak baik. Sehingga ketika dihadapkan dengan masalah serupa, anda pun bisa mengatasinya.

Bagi kalangan yang memang sudah lama berkecimpung di dunia perhiasan, tentu tidak terlalu bingung dengan cara menentukan mana emas asli ataupun yang palsu.

Namun bagi sebagian orang yang awam, tentu akan sedikit bingung, atau bahkan langsung percaya begitu saja dengan omongan orang lain tanpa harus dilakukan pengecekan.

Wajib Dicoba, Ini Cara Membedakan Emas Asli Dengan Cuka

Untungnya, terdapat cara yang sangat mudah untuk mengetahui atau membedakan apakah perhiasan tersebut asli atau bahkan sebaliknya.

Caranya ialah dengan memanfaatkan bahan dapur yang masih ada didalam rumah. Lebih tepatnya adalah dengan memanfaatkan cairan cuka. Caranya mencakup :

1. Bersihkan Perhiasan Yang Akan Di Cek

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mengambil emas (perhiasan) yang akan dicek keasliannya. Kemudian dibersihkan dari semua debu (kotoran) yang menempel dengan memanfaatkan kain.

Selanjutnya, kita cuci dengan air bersih untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang menempel tersebut.

2. Siapkan Alat Penetes (Dropper)

Tahap kedua ini, anda bisa mengambil alat penetes atau dropper yang bisa di isi dengan air cuka. Kemudian teteskan sekitar dua atau secukupnya cairan cuka jika ukuran emas kecil.

Namun jika ukuran emas lebih besar, maka anda bisa menggunakan bantuan piring atau wadah yang lebih besar, yakni dengan mengisi air cuka.

3. Cek Adanya Perubahan

Proses ini tentu membutuhkan ketelitian, pasalnya anda harus melihat dan mengamati setiap perubahan yang terjadi.

Ketika yang dites merupakan emas asli, tentu tidak akan terpengaruh (bereaksi) meski sudah ditetesi dengan cuka, serta tidak akan terjadi korosi pada emas.

Berbeda jika yang di tes merupakan emas palsu, maka akan tampak ada perubahan warna pada cuka atau bahkan korosi.

Hal tersebut bisa diartikan jika emas tersebut bukanlah barang asli. Terkadang warnanya pun akan berubah hitam lantaran reaksi dari cuka.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Tinggal langsung praktek saja.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here