Sederhana! Ini Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Kerja

Sederhana! Ini Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Kerja
Foto : Alodokter.com

Oranyenews.com – Ketika mencari referensi dari berbagai sumber, Cara Agar Tidak Mengantuk ini pada dasarnya terlihat sangat sederhana.

Pasalnya ada begitu banyak tips yang bisa dilakukan. Termasuk juga yang akan kami bagikan pada postingan ini.

Mengalami kantuk ketika menjalani aktivitas mungkin suatu hal yang sangat wajar. Akan tetapi, jika kantuk tersebut terus terjadi. Maka secara tidak langsung akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda juga paham tentang cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Sehingga produktivitas sehari-hari tetap terjaga.

Seperti dikutip dari alodokter.com, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ngantuk. Beberapa diantaranya merupakan hal umum yang sering kita lakukan sehari-hari.

Faktor dari penyebab rasa kantuk tersebut mencakup :

  1. Kurang Tidur, pasalnya secara umum tubuh manusia normal memerlukan waktu istirahat selama 8 jam.
  2. Stres dan Depresi, terkait dengan kondisi otak yang terlalu banyak pikiran. Sehingga mungkin butuh refreshing.
  3. Dehidrasi, suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, sangat penting menjaga pola makan dan konsumsi air yang cukup.
  4. Mengkonsumsi makanan tidak sehat. Salah satu jenis makanan atau minuman yang terkait dengan kantuk ialah mengandung kafein. Jika pada porsi sesuai, mungkin bisa membuat mata kita melek, akan tetapi jika berlebihan, justru bisa menyebabkan sebaliknya.
  5. Kurang Gerak, posisi ini mungkin terbilang sangat tidak sehat bagi tubuh. Sehingga olahraga salah satu cara membuat tubuh tetap bugar. Terlepas dari itu, jarang bergerak juga memicu perasaan lelah dan penat, pasalnya sirkulasi dalam tubuh tidak berjalan normal.

Sederhana! Ini Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Kerja

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan kantuk ialah dengan memenuhi kebutuhan tidur setiap hari.

Porsi tidur yang kurang dari 8 jam, bisa menimbulkan rasa kantuk di siang hari. Sehingga tubuh pun perlu di istirahatkan. Setidaknya anda bisa tidur siang selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.

Terlepas dari tips sederhana diatas, ada beberapa alternatif lain yang bisa dilakukan. Untuk lebih singkatnya, silahkan simak rincian berikut.

  • Ketika merasa ngantuk saat kerja, coba bangun dan berjalan sebentar. Tujuannya untuk mengalihkan pikiran dan juga melancarkan sirkulasi darah.
  • Istirahatkan mata (jika bekerja di depan layar), yakni dengan mengalihkan pandangan.
  • Konsumsi makanan yang tingan serta rendah gula. Seperti halnya kacang, buah segar, atau bisa juga dengan yogurt.
  • Hindari ruangan yang redup, nyalakan lampu jika aktivitas anda bekerja di ruangan gelap.
  • Mengobrol dengan rekan kerja, sehingga kantuk bisa teralih.
  • Tarik nafas panjang untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah.
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Selain keterangan diatas, rasa kantuk juga bisa dihilangkan dengan penanganan medis. Sehingga ketika semua tips diatas tidak manjur, maka bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here