Ini Penyebab Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

Ini Penyebab Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

Ada beberapa hal yang menjadi faktor Penyebab Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa. Sehingga dengan mengetahui  hal tersebut, bisa dilakukan langkah pencegahan, dan lain sebagainya.

Secara umum, penyebab dari radang tenggorokan (faringitis) ialah disebabkan oleh virus dan bakter. Khususnya virus atau bakteri yang menyebabkan influenza.

Akan tetapi, terlepas dari itu, adapula beberapa hal yang menjadi pemicu dari inflamasi pada tenggorokan. Beberapa diantaranya akan kami jabarkan pada penjelasan dibawah ini.

Ini Penyebab Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

Menindaklanjuti informasi mengenai virus dan bakteri influenza, berikut beberapa gejala yang umumnya berujung pada radang tenggorokan.

Beberapa diantaranya mencakup Mononukleosis (demam kelenjar), campak, cacar air, dan juga virus penyebab croup, seperti halnya parainfluenza ESV, adenovirus, dll.

Nah, terlepas dari masalah bakteri, berikut beberapa penyebab adanya radang pada tenggorokan.

1. Udara

Kondisi udara yang pengap dan panas pada suatu ruangan, bisa memicu tenggorokan terasa kering, kasar, dan gatal. Khususnya pada pagi hari ketika sedang bangun tidur.

Selain itu, jika terlalu sering bernafas melalui mulut, khususnya ketika hidung tersumbat, bisa juga menjadi penyebab dari radang tenggorokan.

2. Alergi

Alergi pada seseorang bisa disebabkan karena berbagai faktor. Seperti halnya bulu binatang peliharaan, debu, jamur, ataupun beberapa hal lainnya.

Masalah ini karena postnasal drip sehingga menyebabkan alergi yang berdampak pada tenggorokan.

Pemicu dari postnasal drip bisa terjadi pada saat hidung tersumbat dan sinus mengalir ke tenggorokan.

3. Tumor

Tumor ataupun kanker pada tenggorokan, lidah, dan faring sering menjadi tanda radang tenggorokan.

Gejala paling umum ialah suara serak, sulit menelan, sesak nafas, benjolan di leher, dan darah pada air liur.

4. Iritan (Bahan Kimia)

Udara sekitar bisa saja menjadi penyebab dari iritasi pada tenggorokan. Polusi tersebut bisa saja karena asap rokok, ataupun bahan kimia.

Beberapa hal yang perlu dihindari ialah minum alk0hol, tembakau, ataupun makanan pedas yang memicu tenggorokan menjadi sakit.

5. Asap Rokok

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, asap rokok juga bisa mengiritasi tenggorokan dan berujung pada radang.

Pasalnya, tembakau menjadi pemicu kanker, faring, dan tenggorokan kering. Sehingga akan lebih baik jika menghindari asap rokok selama masih sehat.

6. Usia

Dengan mengamati usia, kalangan anak-anak dan remaja mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terkena faringitis.

Sebab faringitis pada anak lebih banyak disebabkan oleh infeksi bakteri. Terlepas dari itu, daya tahan tubuh mereka lebih lemah dibanding kalangan dewasa.

7. Otot Tenggorokan Tegang

Pada kondisi tertentu, otot pada tenggorokan juga bisa menegang. Kondisi ini umumnya muncul ketika terlalu sering berteriak, ataupun berbicara keras.

Dijelaskan jika terlalu sering menggunakan suara (berbicara), juga membuat tenggorokan menjadi kering, sehingga bisa saja memicu adanya radang.

8. Infeksi HIV

Jika tubuh sudah terinfeksi HIV, maka gejala faringitis sangat umum muncul lebih dulu. Dan jika sudah dinyatakan positif, maka bisa saja anda akan mengalami sakit tenggorokan kronis.

Infeksi sangat sering terjadi lantaran orang dengan HIV mempunyai sistem kekebalan yang rendah. Sehingga bisa dikatakan lebih rawan radang.

9. Sistem Imun Melemah

Ada beberapa kondisi yang menjadikan sistem daya tahan tubuh melemah. Bisa karena faktor usia gaya hidup yang kurang sehat, atau yang lainnya.

Pada kondisi ini, tubuh akan lebih rentan terserang penyakit. Namun yang paling umum disebabkan oleh bakteri atau virus.

10. Infeksi Sinus Parah

Sinus menghasilkan lendir (mukus) yang mempunyai fungsi untuk membantu mengendalikan suhu serta kelembapan udara yang masuk ke organ paru.

Lendir tersebut mengalir ke hidung melalui saluran kecil. Akan tetapi, saluran bisa terhalang apabila sinus terkena infeksi, atau bahkan berdampak pada faringitis.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here