Penting! Ini Empat Pilar Kesehatan Anak Menurut Ahli

Penting! Ini Empat Pilar Kesehatan Anak
Ilustrasi / Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Oranyenews.com, Jakarta – Dr Andyda Meliala selaku pakar pengasuhan anak menyebut bahwa ada empat pilar kesehatan yang harus diperhatikan. Khususnya bagi orang tua yang ingin menjaga sistem daya tahan serta tumbuh kembang anak berjalan normal.

“Empat pilar kesehatan yang penting diperhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh yakni tidur, inteligensi atau kesehatan pikiran, makan atau asupan yang baik, dan olahraga atau aktivitas fisik,” ungkap Andyda pada keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Sedangkan dari aktifitas fisik, anak di usia 5 hingga 17 tahun, sebaiknya lebih fokus pada tiga hal. Yaitu aerobik, otot, dan juga penguatan tulang. Bahkan Andyda pun memberi contoh kegiatan aerobik yang baik. Seperti halnya berlari, lompat, dan menari.

Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa aktifitas aerobik mampu meningkatkan kardiorespirasi. Sedangkan kekuatan otot terdapat pada permainan, tarik-menarik, ataupun memanjat pohon.

Dan untuk olahraga kekuatan tulang, bisa mengandalkan kegiatan tumbukan, seperti contoh berlari, lompat tali, basket, dan tenis.

“Aktivitas fisik tersebut membuat antibodi atau sel darah merah akan bersirkulasi lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal. Tidak hanya itu, kenaikan singkat suhu tubuh selama dan sesaat setelah aktivitas ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri,” jelasnya.

Dalam hal ini, kenaikan suhu tubuh mampu membantu tubuh melawan infeksi lebih baik. Serta memicu pertumbuhan otak dan mengeluarkan endorphin (hormon kebahagiaan). Untuk bisa mendorong anak menjalani aktivitas fisik tersebut, disarankan dengan menerapkannya sebagai gaya hidup.

“Ajak anak diskusi untuk mengetahui aktivitas apa yang bisa dilakukan sehari-hari. Intinya harus ada dukungan yang kuat terhadap ekosistem untuk aktivitas fisik anak, baik di rumah, di sekolah, dan di mana pun,” ungkap dokter lulusan Universitas Gadjah Mada tersebut.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here