Ini Daftar Nama Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

Ini Daftar Nama Obat Radang Tenggorokan Di Apotik
foto : ADV

Tidak sedikit orang yang mencari referensi terkait Obat Radang Tenggorokan Di Apotik. Hal tersebut jika pasien tidak sedang memegang resep dari dokter. Sehingga penderita bisa langsung membelinya di toko obat tersebut.

Seperti yang diketahui, obat radang tenggorokan diperlukan untuk mencegah adanya infeksi berlanjut pada kerongkongan dan saluran nafas.

Pada umumnya, penderita radang tenggorokan akan merasakan sakit, khususnya pada saat in ingin menelan (makanan,dll), sebab tenggorokan sakit atau panas yang menjadikan sulit makan.

Gejala ini dalam bahasa medis dikenal sebagai faringitis yang umumnya bisa sembuh sendiri, setidaknya kurang lebih satu minggu dengan tanpa menyebabkan kerusakan.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah : Apa saja obat radang tenggorokan yang bisa dibeli di Apotek? Berikut beberapa nama yang bisa kami referensikan.

Ini Daftar Nama Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

Pada dasarnya ada beberapa jenis obat radang tenggorkan yang bisa dibeli meski tanp resep dari dokter. Untuk lebih jelasnya, mungkin akan lebih baik jika menyimak rincian berikut :

1. Aspirin

Aspirin merupakan bahasa sehari-hari yang dikenal pada dunia kesehatan. Namun jika dalam sisi medis, obat ini lebih dikenal dengan sebutan asam asetil salisilat.

Jika dijabarkan lebih lanjut, aspirin merupakan bentuk olahan dari senyawa salisin yang bisa diperoleh pada banyak tumbuhan.

Senyawa mempunyai beberapa fungsi disesuaikan dengan dosis yang digunakan. Dan pada dasarnya, kandungan aspirin bisa diperoleh pada obat radang tenggorokan, khususnya yang banyak dijual dengan beberapa merk di pasaran.

Aspirin mempinyai kinerja untuk menghambat enzim yang memproduksi serta mengatur kerja prostaglandin, yang merupakan senyawa tubuh yang diproroduksi ketika pasien mengalami radang.

Sehingga segala hal yang melibatkan prostaglandin bisa dicegah dengan menggunakan aspirin.

Untuk memperoleh efek anti nyeri dan anti demam, dosis obat aspirin ialah 300 hingga 900 mg, yaitu diberikan setidaknya pada 4 hingga 6 jam sekali.

Sedangkan untuk dosis maksimum, merupakan 4 gram dalam sehari, lantaran jika melebihi dari dosis tersebut, maka aspirin juga menunjukkan efek samping yang diitmbulkan.

Sehingga untuk memperoleh efek anti peradangan, dosis yang dianjurkan oleh dokter ialah 4 hingga 6 gram per hari.

2. Ibuprofen

Dibahas secara singkat, ibuprofen merupakan jenis obat dari golongan anti-inflammatory drug (NSAID).

Obat anti radang ini memang terbilang sangat tepat digunakan untuk pasien radang, khususnya bagi mereka yang mengalami radang tenggorokan.

Kinerja dari obat ini ialah dengan menghalangi produksi substansi alami tubuh selaku penyebab dari peradangan.

Sedangkan untuk manfaat lainnya ialah untuk mengurangi begkak, nyeri, demam, atau hal lain yang terkait dengan inflamasi.

Jika pasien memang mengalami gejala radang tenggorokan, akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Khususnya masalah terapi dan obat yang perlu digunakan.

Umumnya, sesuai yang dianjurkan, ibuprofen dikonsumsi setiap 4 hingga 6 jam, dengan bantuan air sebanyak 250 mililiter.

Setelah meminum obat, tidak dianjurkan untuk berbaring, setidaknya 10 menit pasca meminum obat.

Jika pasien merasa sakit perut ketika konsumsi obat ini, maka bisa dibarengi dengan makanan, susu, atau obat asam lambung (antasida).

3. Naproxen

Naproxen merupakan obat anti radang yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri ketika pasien menelan makanan.

Obat ini dikenal juga dengan sebutan anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Serta bekerja unutk menghambat produksi zat tertentu selaku penyebab dari peradangan dalam tubuh.

Dalam hal ini obat bisa dikonsumsi dengan takaran 250 hingga 500 mg, atau 275 hingga 550 mg yang diminum 2x dalam sehari.

Untuk dosis awal, mungkin sebanyak dua tablet 375 mg dengan total 750 mg. Diminum 1x sehari, atau bisa juga berbeda sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.

4. Methylprednisolone

Obat radang tenggorokan yang satu ini merupakan jenis steroid yang berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh.

Fungsi lainnya ialah untuk mengurangi gejala peradangan, seperti halnya pembengkakan, nyeri, ataupun ruam.

Jika pada umumnya, obat digunakan untuk meredakan nyeri dan gejala alergi. Akan tetapi bisa juga dipakai untuk mengatasi penyakit lain seperti asma, ulseratif kolitis, Crohn, dan jenis kanker tertentu.

Akan tetapi, untuk memperoleh obat ini harus dengan resep dokyter, baik berupa tablet ataupun suntikan.

Berperan sebagai obat anti-radang, methylprednisolone bekerja untuk mencegah jaringan proses inflamasi serta tumbuhnya jumlah sel yang terdampak.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here