Sangat Fatal, Dampak Buruk Tidur dengan Membiarkan Smartphone Menyala

0
223
Dampak Buruk Tidur dengan smartphone masih menyala di samping kamu, bisa berakibat fata
Dampak Buruk Tidur dengan smartphone masih menyala di samping kamu, bisa berakibat fata

Di zaman yang sudah terbilang serba modern ini sepertinya kita sama sekali tidak bisa terlepas dari smartphone yang kita miliki. Dan hal ini sepertinya bisa dibilang wajar karena hampir semua kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari bisa lebih mudah dengan bantuan dari smartphone tersebut.

Pada waktu bangun tidur di pagi hari hal yang pertama kali kita langsung cari pastinya adalah smartphone, pada waktu siang hari pun saat kita menjalani kegiatan kita juga tidak bisa jauh dari smartphone, bahkan waktu malam hari pun sering kita habiskan dengan berkutat dengan smartphone yang kita miliki.

Bahkan, kebiasaan kita bermain smartphone pada malam hari pun tidak jarang membuat kita membawa smartphone pada saat tidur. Beberapa orang bahkan menyimpan smartphonenya di bawah bantal ketika mereka sedang tidur di malam hari dan mungkin hal ini mereka lakukan agar dapat dengan mudah menemukan smartphone tersebut pada keesokan harinya. Namun Hal tersebut ternyata cukup berbahaya loh jika dilakukan terlalu sering. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Dampak Buruk Tidur Di Malam Hari Dengan Smartphone Menyala

Seperti yang sudah kita ketahui, smartphone sendiri memiliki tingkat pancaran sinyal radiasi yang bisa dibilang lumayan tinggi dan tentu saja sinyal radiasi ini tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Dan karena hal inilah yang membuat banyak orang tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh sinyal radiasi dari smartphone.

Dampak buruk yang dihasilkan oleh smartphone pun tidak tanggung-tanggung loh. Menurut World Health Organization atau WHO, radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone ini bisa mempengaruhi susunan syaraf di dalam tubuh manusia bahkan dalam kasus yang lebih parah bisa menyebabkan kanker atau tumor.

Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, namun tentu saja Anda tidak mau hal itu terjadi pada diri Anda atau orang-orang yang Anda sayang bukan? Oleh karena itu silahkan simak artikel di bawah ini tentang dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan tidur dengan membiarkan smartphone menyala di bawah ini.

  1. Meletakkan Handphone di Bawah Bantal Bisa Menyebabkan Tumor Ganas di Sisi Wajah

Seperti yang sudah penulis sebutkan di atas, dengan meletakkan smartphone di sekitar kita waktu saat tidur saja sudah sangat berbahaya apalagi jika smartphone tersebut diletakkan di bawah bantal, tentu saja semakin berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh negara Israel menyatakan bahwa dengan meletakkan smartphone di bawah bantal bisa meningkatkan resiko terkena tumor parotis di bagian wajah dan hal ini bisa terjadi karena berasal dari sinyal radiasi yang ditimbulkan dari smartphone karena bagian otak yang berada di atas bantal ini akan terpapar sinyal electromagnetic dari smartphone dengan jumlah yang lumayan besar.

Sebenarnya tumor parotis ini adalah sebuah penyakit tumor yang bisa dibilang lumayan langka dan biasanya hanya menyerang orang-orang yang sudah memasuki umur 50 tahun. Namun sejak tahun 2001 silam, tumor parotis ini banyak diderita oleh orang yang baru berumur 20 tahun, dan kemungkinan besar berasal dari smartphone yang mereka gunakan.

  1. Papasan Sinyal Radiasi Bisa Mempengaruhi Sel Otak Manusia dan Ketahanan Tubuh

Dampak buruk yang ditimbulkan oleh smartphone yang biasa kita bawa tidur ternyata bukan cuma hal yang sudah penulis sebutkan di atas, namun masih banyak lagi dampak buruk yang bisa ditimbulkan. Salah satunya adalah sinyal radiasi smartphone bisa mempengaruhi sel otak manusia dan juga mengurangi ketahanan tubuh.

Dr. Devra Davis adalah seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Ia mengungkapkan bahwa sinyal radiasi yang dipancarkan oleh smartphone yang kita miliki dan biasa gunakan sehari-hari ini ternyata bisa mempengaruhi sel-sel yang ada pada otak manusia dan bukan hanya mempengaruhi saja, bahkan bisa merusak sel tersebut.

Hal ini tentu saja tidak ingin terjadi pada diri Anda bukan? Karena dengan rusaknya sel yang ada pada otak manusia, tentu saja bisa meningkatkan resiko terkena penyakit lain yang lebih berbahaya karena otak manusia adalah sumber dan pusat dari tubuh manusia.

  1. Meningkatkan Peluang Terkena Penyakit Alzheimer Pada Usia Muda

Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui apa itu penyakit alzheimer, namun jika Anda belum mengetahui penyakit apa tersebut penulis akan memberikan penjelasannya secara singkat. Penyakit alzheimer adalah sebuah penyakit yang terjadi pada otak manusia tepatnya pada syaraf memori.

Alzheimer sendiri biasa ditandai dengan adanya penurunan daya ingat seseorang, dan biasanya penyakit ini hanya diderita oleh orang-orang yang sudah mulai memasuki usia renta. Namun, bagi Anda yang suka dan memiliki kebiasaan tidur dengan smartphone sebaiknya mulai berhati-hati.

Mengapa demikian? Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh berbagai ahli dari berbagai negara. Kebiasaan tidur dengan membiarkan smartphone menyala ini bisa saja mempercepat proses alzheimer yang terjadi pada anak muda atau orang-orang yang belum memasuki usia tua atau renta.

Itu dia beberapa dampak buruk yang bisa Anda dapatkan dengan membiarkan smartphone menyala ketika Anda sedang tidur. Bukan hanya itu saja, masih banyak dampak buruk lainnya. Oleh karena itu sebaiknya ketika Anda sedang tidur matikan saja smartphone yang Anda miliki dan letakkan cukup jauh dari tempat Anda beristirahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here