Waspada! Banyak Tidur Saat Libur Lebaran Bisa Mati Muda

0
134
Ilustrasi tidur

ORANYENEWS- Libur Lebaran tahun ini cukup panjang dan harusnya dimanfaatkan untuk keperluan yang bermanfaat, di antaranya bersilaturahmi atau berolahraga. Jangan sampai hanya digunakan untuk tidur, karena bisa berbahaya dampaknya, yaitu mati muda.

New York Post melansir sebuah penelitian dari Seoul National University, di Korea Selatan. Penelitian melakukan analisa terhadap 133.608 orang dewasa berusia 40-69 tahun. Dan ditemukan wanita yang tidur lebih dari sepuluh jam per hari memiliki 40 persen kemungkinan kematian dini terkait oleh tiga masalah kesehatan.

Dampak bagi tubuh adalah membesarnya pinggul, tekanan darah tinggi, dan peningkatan kadar lemak dan gula dalam darah serta kadar kolesterol baik yang menurun. Kondisi-kondisi tersebut dapat memicu penyakit jantung, stroke, diabetes, bahkan kanker.

Untuk pria, penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC Public Health itu menunjukkan bahwa pria yang tidur lebih dari sepuluh jam memiliki risiko yang lebih kecil, yaitu sekitar 28 persen.

Tapi berbeda hasil jika waktu tidur per hari kurang dari enam jam. Pada pria, berisiko 12 persen untuk kematian dini. Sedangkan pada wanita hanya sembilan persen yang berisiko tinggi.

Para peneliti meyakini bahwa durasi tidur memengaruhi hormon yang terkait dengan nafsu makan, asupan kalori, dan penggunaan energi.

“Untuk kesejahteraan secara keseluruhan, direkomendasikan untuk orang dewasa tidur tujuh hingga delapan jam per malam,” kata Claire Kim, peneliti utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here