Alasan di Balik Zumba Memiliki 15 Juta Pengikut Setia

0
383
Sandra Bella Nirvana Zumba Instructor Network (ZIN) (foto: Zumba)

ORANYENEWS– Kelas Zumba mungkin terlihat seperti olahraga yang dipimpin oleh instruktur seperti pada umumnya, namun kelas Zumba® telah menjadi fenomena yang besar karena menawarkan lebih dari sekedar berkeringat. Kelas Zumba seperti pesta dansa yang Anda tunggu-tunggu untuk Anda hadiri secara rutin, yang pada akhirnya Anda akan merasakan kebebasan, meningkatnya rasa percaya diri, dan menjadi diri yang lebih baik.

Hal utama yang menarik peminat adalah bahwa kelas Zumba® sangat menyenangkan, dan itu merupakan alasan yang sangat sederhana bagi orang-orang yang tidak terbiasa berolahraga. Untuk sebagian banyak orang, melangkahkan kaki ke tempat olah raga atau gym untuk pertama kalinya bisa menjadi momok yang mengancam; bisa karena rasa takut akan kelelahan tah tertahankan sampai berurain air mata, atau rasa tidak percaya diri setelah melihat orang lain yang memiliki badan sempurna. Di sisi lain, kelas Zumba® hanya ingin Anda meninggalkan ruang olahraga dengan lebih bahagia daripada saat anda memasuki ruangan. Gerakan tariannya yang sederhana dan mudah diikuti, namun bertumpu pada gerakan pinggul dan jumlah langkah, tetap menjadikannya latihan yang sangat efektif.

“Kelas Zumba® kami menawarkan lingkungan yang aman bagi wanita maupun pria, yang dimana mereka dapat merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Kami ingin mereka bersenang-senang – tidak peduli berapa umur ataupun berat badan mereka­ – dan sangat menikmati kelasnya sehingga mereka menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan untuk berlatih fisik secara rutin,” jelas Sulis Sugianto, seorang Zumba® Education Specialist (ZES) yang telah menginspirasi ratusan pengikut setia di kelasnya selama lebih dari 5 tahun aktif.

Faktor penting bagi para pengikut setia kelas Zumba®, selain olahraga dengan tarian yang menyenangkan, tanpa diragukan lagi yaitu instrukturnya. Mereka bukan hanya sekedar instruktur secara fisik, lebih dari itu, mereka juga dapat dianggap sebagai motivator. Menciptakan lingkungan kelas Zumba® yang menyenangkan dan inspiratif sangat bergantung pada kemampuan instruktur untuk terlibat dan menjalin hubungan yang positif dengan anggotanya.

Seorang selebriti terkenal yaitu Liza Natalia, yang baru saja terpilih secara resmi sebagai Zumba® Ambassador pada bulan Desember 2017 lalu setelah lebih dari 7 tahun berdedikasi untuk menyebarluaskan keseruan kelas Zumba® di seluruh penjuru negeri, mengakui bahwa Zumba® tidak hanya membuka jalur karir yang sukses, namun juga memberinya keluarga baru yaitu para penggemar program Zumba®.

“Saya punya anggota yang rutin datang ke kelas saya setiap dua kali seminggu selama 5 tahun terakhir, dan kami telah menjadi teman baik – atau bahkan lebih, keluarga. Kami saling memotivasi untuk menjadi diri kita yang lebih baik secara fisik, mental, dan emosional. Saya kira itu adalah alsan mengapa kelas Zumba® diterima dengan positif di Indonesia, sebuah negara yang menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan solidaritas. Anggota kelas Zumba® pun merasakan rasa saling memiliki,” jelas Liza.

Faktor kebahagiaan yang digabungkan dengan rasa saling memiliki dari kelompoknya memberikan manfaat bagi kesehatan mental yang unik, yang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Sebuah studi dari American College of Sports Medicine mengungkapkan, bahwa aktivitas kelompok dapat meningkatkan kehidupan sosial. Studi lain dari European Journal of Sports Science menunjukkan bahwa hanya dalam delapan minggu mengikuti kelas Zumba®, kualitas hidup seorang wanita melonjak 9% dan kepercayaan diri mereka meningkat 16%. Sebuah studi yang masih berhubungan dari Journal of Physical Activity & Health pun menemukan bahwa orang-orang yang mempraktikannya akan merasa lebih mandiri dan mengatakan bahwa kehidupan mereka tampak lebih terarah.

Alasan terakhir dan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, “apakah sebenarnya ada manfaat untuk fisik?”

Kisah inspirasional dari seorang Sandra Bella Nirvana akan menjawab “ya, memang bermanfaat”, karena dia telah mengubah dirinya dengan menghilangkan 40kg hanya dalam waktu 8 bulan. Selain mengikuti kelas Zumba® secara teratur, kelompoknya juga telah membantu dan menginspirasinya untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

“Di tahun 2014, adalah keadaan yg sulit untuk saya dengan keadaan ibu saya yang sedang berjuang melawan kanker payudara dan bisnis saya yang tidak berjalan dengan baik. Saat itu saya mengatakan “cukup!” pada diri saya, bahwa saya harus menjadi pribadi yang bahagia dengan hidup saya, tubuh saya, juga demi menghindari penyakit yang menakutkan karena obesitas. Sampai akhirnya saya menemukan kelas Zumba® yang membawa perubahan dalam hidup saya menjadi lebih percaya diri, bahagia dengan tubuh saya dan menjadi pribadi yang lebih menyenangkan. Hanya dalam satu jam kelas Zumba®, saya membakar 800-1.000 kalori dengan cara yang menyenangkan,” ujar Sandra.

Ikuti pengalaman kelas Zumba® dan temukan rasa percaya diri yang lebih tinggi dalam diri Anda dengan mencari kelas terdekat melalui www.zumba.com.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here