Ini Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Ini Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Selain lokasi hiburan, Tempat Wisata Kuliner Di Jogja juga menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung kesana. Selain harganya murah, tentu rasa makanannya pun akan menagih di lidah.

Seperti yang diketahui, Jogja sangatlah kaya dengan lokasi wisata bersejarah. Bahkan beberapa diantaranya hingga dikenal hingga seluruh penjuru dunia.

Namun pada kesempatan ini, kami akan membahas hal yang berbeda. Pasalnya selain memanjakan mata, tentu lidah juga harus diperhatikan.

Percuma juga jika pikiran tenang dan terhibur, tapi perut dalam keadaan keroncongan. Sehingga butuh solusi untuk membuat perut tetap terisi.

Nah dalam hal ini, kami melampirkan beberapa jenis makanan atau lokasi yang bisa menjadi acuan. Khususnya untuk mencari makanan unik, harga murah, namun rasa tidak kalah dengan restoran.

Ini Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Untuk mempersingkat waktu, berikut daftar wisata kuliner yang patut anda coba. Yang jelas anda tidak perlu khawatir masalah harga, pasalnya semua makanan ini murah.

1. Tengkleng Gajah


Meski mempunyai nama gajah, namun bukan berarti jika bahan yang digunakan terbuat dari daging gajah. Tepatnya berupa potongan tulang kambing yang tersaji dalam ukuran besar.

Sepintas mungkin hampir sama dengan gulai kambing, namun tekstur kuah lebih encer dan umumnya disajikan dalam keadaan panas.

Untuk lokasi, pengunjung bisa datang ke Jalan Kaliurang KM 9.3 Bulurejo, Minomartani,Ngaglik, Sleman.

2. Mangut Lele Mbah Marto


Ketika sedang berada di Jogja, tidak sah rasanya jika belum mencoba Mangut Lele Mbah Marto. Harga murah dan rasanya yang menggoda, menjadikan kuliner ini terkenal pada kalangan wisatawan.

Untuk berkunjung, kuliner ini bisa ditemukan pada daerah belakang ISI Yogyakarta, tepatnya di Ngireng-ireng, Sewon, Panggungharjo, Bantul.

Untuk satu porsi, berisi nasi, sambal goreng krecek, dan juga lele yang diberi bumbu mangut.

Rasanya pun sangat dahsyat dengan aroma khas rempah segar. Hal tersebut tentu tidak luput dari cara masak yang masing menggunakan tungku.

3. Oseng Mercon Bu Narti


Bagi pelancong yang suka pedas, tentu oseng mercon yang disajikan pada warung Bu Narti ini bisa dicoba.

Komposisi oseng ini terbuat dari tetelan daging sapi, kikil, gajih, kulit, dan tulang yang ditumis. Mungkin sepintas sama dengan sambal yang ada di warung lain.

Namun yang menjadi pembeda ialah, oseng mercon ini dimasak dengan cabe rawit berjumlah ekstra. Jadi bagi yang tidak kuat pedas, harus mundur sebelum mencoba.

4. Serabi Kocor Bu Ngadinem


Selain menikmati makanan dengan berbagai cita rasa, jajanan di Jogja pun tidak lepas dari keberadaan serabi.

Dalam hal ini, Yogyakarta juga mempunyai wisata kuliner serabi dengan citarasa yang nikmat. Namanya serabi kocor Bu Ngadinem.

Minat untuk mencoba? warung ini terletak di Jalan bantul, KM 6, Dusun Nyemengan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan.

Serabi mempunyai aroma yang harum, serta menggoyang lidah dengan citarasa manis dan hangat.

5. Gudangan


Sepintas kuliner ini memang hampir sama dengan pecel. Namun dari segi penyajian, serta lauk dan bumbu yang digunakan, sangatlah berbeda.

Lokasi wisata kuliner ini pada dasarnya berada di Pasar Beringharjo, dan bisa mencari nama makanan Gudangan.

Dalam hal ini makanan berisi aneka sayuran rebus, dan sambal dari kelapa parut (serundeng). Sedangkan letak penjual pun tidak jauh dari pintu pasar.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba, sangat tidak sulit untuk mencarinya. Atau hanya dengan sekali bertanya saja.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here