Apakah Sayur Frozen Sehat Dan Nutrisinya Hilang?, Ini Jawabannya

Apakah Sayur Frozen Sehat Dan Nutrisinya Hilang?, Ini Jawabannya
Ilustrasi sayuran beku/foto : abcnews

Oranyenews.com, Jakarta – Ketika merasa bingung untuk memutuskan memilih sayuran segar dan beku, tidak sedikit orang yang justru menjatuhkan pilihannya pada sayuran segar.

Pasalnya mereka mempunyai pikiran bahwa yang segar sudah tentu lebih sehat serta mempunyai kandungan nutrisi lebih lengkap.

Bahkan ketika berbelanja untuk kebutuhan bahan makanan, sangat jarang orang untuk mampir pada bagian sayuran beku jika yang segar masih tersedia.

Banyak pula yang berasumsi bahwa sayuran dan buah yang dibekukan akan kehilangan gizi dan terbilang kurang sehat.

Akan tetapi, sebenarnya anggapan tersebut tidak mempunyai kebenaran yang mutlak. Bahkan bisa terkejut ketika mengetahui beberapa jenis sayuran beku bisa lebih sehat dibanding yang segar.

Lantaran sayuran beku mempunyai harga lebih murah, dan tersedia di sepanjang tahun, tidak berarti jika sayuran tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Pada saat Clarence Birdseye menemukan makanan beku pada 1923, ia mencoba banyak hal untuk memastikan bahwa konsumen tidak harus berkompromi dalam hal nutrisi.

Seperti yang dikutip dari Times of India, Kamis (14/2), bila merasa khawatir sayuran beku kehilangan nutrisi, maka perlu di ingat bahwa sayuran segar juga bisa kehilangan nutrisi.

Sebagai fakta, sayuran seperti kacang polong, jagung beku, atau bahkan blueberry, mengandung lebih banyak vitamin C ketika dibekukan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh University of Georgia. Kacang polong kehilangan setengah dari kandungan vitamin dalam 24 jam pertama pasca dipanen.

Sedangkan untuk sayuran secara umum dibekukan pada puncak kesegaran. Memperoleh hasil kandungan gizi yang tetap utuh.

Sebuah penelitian juga dilakukan oleh University of Californiam dimana para peneliti memperbandingkan nutrisi dalam delapan buah dan sayuran segar dengan yang beku.

Hasilnya pun bervariasi antara jagung, brokoli, bayam, kacang polong, kacang hijau, stroberi, dan blueberry. Mereka tidak bisa menemukan perbedaan yang konsisten diantara dua tipe sayuran tersebut.

Pasalnya, sayuran akan mempertahankan nutrisinya ketika belum matang. Dan bagi yang memilih sayuran segar ataupun beku, keduanya mempunyai dampak positif bagi tubuh.

Sehingga lain kali, pada saat pergi berbelanja, coba sekali-kali untuk memasukkan sayuran segar dan beku untuk dikonsumsi.

Apabila untuk kebutuhan membuat salad, maka bisa memilih sayuran segar. Sedangkan untuk membuat sup atau kari, bisa mencoba sayuran beku.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here