6 Makanan Khas Daerah Yang Mungkin Jarang Didengar Oleh Telinga Orang Indonesia

Jika kamu menghitung berapa banyak ragam kuliner yang ada di Indonesia, kamu tidak akan bisa selesai-selesai menghitungnya. Karena di Indonesia, ragam kuliner itu banyak sekali.

Jika kamu menghitung jenis makanan di satu daerah saja, kamu pasti bingung untuk menghitungnya. Kita sebagai generasi muda Indonesia, harus lebih mengenal beberapa nama makanan Indonesia yang jarang didengar ini.

Mungkin, disaat kita mengenal makanan ini, nantinya kamu akan tertarik untuk menjual makanan ini dan menjadikan makanan ini terkenal. Lalu apa saja makanan unik yang jarang terdengar di Indonesia ini? Berikut adalah penjelasannya:

1 Tempoyak

Tempoyak
Tempoyak (foto : ist)

Makanan yang terkenal di daerah Palembang, Bengkulu, Lampung dan Jambi ini adalah makanan yang berbahan dari buah durian yang difermentasi. Biasanya, makanan ini dijadikan lauk untuk menemani nasi. Rasa asam dari Tempoyak adalah karena dia difermentasi bahan bakunya.

Dibuat menggunakan daging durian lokal yang sudah matang atau sudah terlalu matang. Lalu diberi garam terus di simpan diwadah yang tertutup. Disarankan untuk memfermentasi daging durian ini dengan suhu ruangan agar mempercepat proses fermentasinya.

Jika sudah berumur 3-5 hari, Tempoyak bisa diolah untuk dijadikan sambal Tempoyak. Dengan dimasak dengan campuran daging ayam, atau bisa dibuat menjadi sambal goreng udang.

2 Mandai

Mandai
Mandai (foto : ist)

Kulit cempedak yang sudah melalui proses fermentasi ini biasa dijadikan teman nasi, Mandai adalah sebutan untuk itu. Mandai sangat terkenal di masyarakat Kalimantan, apalagi masyarakat Banjar.

Jika ingin membuat Mandai yang enak, anda harus menggunakan kulit cempedak yang sudah matang. Bagian kulit dalam cempedak adalah bagian kulit yang digunakan dari buah cempedak. Potong-potong bagian dalam kulit itu, lalu rendam air garam selama tiga hari atau sampai sebulan paling lama. Seberapa lama proses perendaman, akan mempengaruhi tekstur Mandai.

Mandai bisa dijadikan dengan cara digoreng atau di oseng. Bisa juga menggunakan bumbu dan bahan yang lain.

3 Panada

Panada
Panada (foto : ist)

Kue yang berbentuk seperti Pastel ini adalah Panada. Panada adalah makan unik yang mempunyai isian dari ikan cakalang yang dimasak panpis. Kue khas ini berasal dari Manado. Maksud panpis sendiri adalah, ikan cakalang yang disuir-suir kecil, lalu dimasaka dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, daun bawang, dan cabe merah.

Walaupun tampilan sama dengan Pastel, Panada memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Kulit panada juga terasa lebih tebal dibandingkan Pastel. Rasa isian cakalangnya terasa pedas dan gurih saat masuk kemulut.

4 Papeda

Papeda
Papeda (foto : ist)

Makanan yang terkenal di daerah Maluku ini adalah Papeda, atau Bubur Sagu. Tetapi di daerah lain, seperti Papua dan Sulawesi Selatan, Papeda sering disebut dengan nama Kapurung. Penyajian dari Papeda sendiri dilakukan dengan cara menyiram dengan air panas lalu diaduk sampai Papeda mengembang. Untuk menemani Papeda saat dimakan, anda bisa memilih lauk pendamping seperti ikan tongkol atau mubara, ikan berkuah pedas atau sayur tagas-tagas, bunga pepaya dan ubi jalar.

Lebih baik lagi, jika Papeda disajikan panas-panas dan dimakan dengan cara disedot secara langsung.

5 Gulai Siput/Cipulik

Gulai Siput/Cipulik
Gulai Siput/Cipulik (foto : ist)

Makanan yang satu ini adalah makanan andalan di Riau saat bulan Ramadhan. Bahan baku untuk membuat Gulai Siput adalah siput. Bahan baku utama gulai ini memang berbeda dengan gulai pada umumnya. Walau begitu, proses masaknya tetaplah sama. Masak dengan bumbu berempah, kunyit, dan santan untuk menambah rasa gurih pada gulai.

Dalam dialek bahasa melayu, Gulai Siput sering disebut dengan “Gulai Cipuik”.

6 Botok Tawon

Botok Tawon
Botok Tawon (foto : ist)

Jika diperhatikan lubang-lubang pada sarang tawon, terdapat “Telur-telur hitam” yang terlihat di dalam lubang. Ya, itu adalah larva atau lebah muda yang masih dalam sarangnya. Bagi masyarakat Jawa Tengah dan Jawa timur, “tolo” atau sebutan dari sarang tawon, biasa dimasak menjadi Botok Tawon yang enak dan menyehatkan.

Makanan ini semakin lama akan semakin sulit dicari, karena bahan baku utamanya juga sulit dicari. Sarang lebah muda memang sudah makin sulit dicari. Untuk kamu yang ingin mencari makanan ini, dapat menemukannya di resto atau tempat makan yang masih menjual Botok Tawon.

Demikian artikel tentang makanan unik yang jarang didengar di Indonesia. Apakah kamu pernah merasakan masakan yang ada diatas? Jika iya, kamu bisa membagikan pengalaman kamu itu ke orang terdekat kamu. Karena nanti mereka juga ikut penasaran dan akhirnya ingin mencoba makanan unik tersebut.

Penulis sendiri membuat kesimpulan, bahwa masih banyak makanan unik di Indonesia yang belum terlihat ataupun terdengar. Maka dari itu, kita dapat membuat makanan ini terkenal dengan menyebarkan atau memberi tahu orang-orang, bahwa makanan ini ada dan berasal dari Indonesia.

Semoga artikel ini berguna untuk anda para pencari kuliner unik di seluruh Indonesia.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here