Emil Dardak Janji Lestarikan Kuliner Lontong Balap

0
613
Emil Dardak saat menyajikan Lontong Balap (foto: Ist)

ORANYENEWS- Lontong Balap merupakan makanan kuliner yang melegenda di Kota Surabaya dengan rasa yang lezat. Sebab itu, makanan khas tersebut haruslah dilestarikan.

Demikian diungkapkan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Emil Elistianto Dardak saat mengunjungi warung Lontong Balap di Jl. Garuda Kranggan, Kota Surabaya pada akhir pekan lalu.

Menurut Emil, ada banyak masakan kuliner di Jawa Timur yang sangat unik dan menarik peminat masakan kuliner dari luar daerah, di antaranya Lontong Balap. Sehingga masakan yang menjadi ciri khas Surabaya tersebut perlu dilestarikan.

“Ini lokasinya sejak dulu memang di sini, dan akhirnya orang-orang banyak menyukai dan mencari Lontong Balap. Jadi kita berharap makanan khas Surabaya ini perlu dilestarikan dan ditingkatkan karena ini benar-benar akan menjadi daya tarik,” kata Emil.

Suami Arumi Bachsin itu menegaskan, bahwa dengan banyaknya kuliner yang menjadi ciri khas setiap daerah Jawa Timur, bukan saja kekayaan menu masakan yang luar biasa. Akan tetapi juga merepresentasikan sebuah kultur yang beraneka ragam.

“Jadi Surabaya dan Jawa Timur luar biasa punya beragam kuliner yang khas. Dan salah satu khas makanan Lontong Balap ini rasanya menurut saya enak, Ini menjadi warisan budaya untuk kita,” ujarnya.

Dalam kunjungannya itu, Emil sempat merasakan langsung nikmatnya Lontong Balap, bahkan dirinya bukan hanya menikmati rasanya, akan tetapi juga ia belajar kepada penjualnya secara langsung cara meracik dengan baik. Sehingga menjadi menu sajian yang enak dan menarik.

“Iya sebenarnya tidak terlalu sulit sih. Hanya saja kurang terbiasa. Cuma yang agak sulit mungkin pada saat memproses bahan mentahnya sebelum dimasak,” Emil mengakui.

Sementara Nismandra Juwito, pedagang Lontong Balap tersebut berharap, agar Lontong Balap dagangannya menjadi sentra kuliner yang lebih besar lagi dan tidak berpindah tempat.

“Semoga setelah Mas Emil jadi Wakil Gubernurnya Ibu Khofifah, bisa meningkatkan semua makanan kuliner yang menjadi ciri khas makanan di Jawa Timur. Untuk lebih diperkenalkan lagi kepada banyak orang,” harapnya.

Dirinya menambahkan, sebagai pedagang tentunya berharap agar mendapat tempat yang nyaman bebas dari gusuran dan jika bisa tempatnya lebih ditingkatkan lagi sehingga lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here