Tips Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

mengatasi mata belekan pada bayi
Ilustrasi mata belekan pada bayi

Ketika mata si kecil penuh dengan belek atau kotoran, tentunya anda sebagai orang tua akan merasa khawatir, apalagi jika matanya juga berubah menjadi berwarna merah. Pada bayi kondisi ini cenderung lebih rentan dibandingkan dengan orang dewasa.

Kondisi mata yang seperti itu disebabkan mulai dari iritasi, alergi, penyumbatan saluran mata ke rongga hidung, hingga infeksi mata yang diakibatkan oleh virus dan bakteri.

Penyebab umum mata belekan pada bayi

Perlu anda ketahui, air mata yang dihasilkan setiap harinya memiliki fungsi untuk membasahi bola mata agar tetap terjaga kelembabannya serta kebersihanny.

Kemudian, jika saluran mata yang menuju ke rongga hidung terdapat penyumbatan, maka kotoran yang berasal dari mata tidak akan dapat dikeluarkan sehingga akan menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau lebih dikenal dengan istilah belekan.

Kotoran pada mata tersebut akan semakin banyak jika produksi dari air mata juga banyak, misalkan ketika buah hati kesayangan anda sering kali menangis.

Kemudian, apabila jika mata si kecil berwarna sedikit kemerahan maka kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi virus.

Istilah untuk kondisi mata yang seperti itu adalah Pink Eye. Kondisi mata tersebut seringkali terjadi ketika si kecil sedang mengalami penyakit flu ataupun pilek. Pada umumnya, virus yang menyerang atau yang menyebabkan kondisi tersebut adalah virus yang memiliki jenis norovirus.

Namun ,kondisi mata merah pada si kecil yang juga disertai belek tidak hanya disebabkan oleh virus melainkan juga bisa jadi karena iritasi ataupun reaksi dari suatu alergi.

Kaitannya mata merah dengan infeksi virus

Terdapat lebih dari 200 jenis virus yang telah diketahui dapat menyebabkan gejala pilek atau flu dan tentunya termasuk dengan sakit tenggorokan, batuk, dan ingusan.

Dengan kondisi seperti itu, serangan virus tersebut dapat mengakibatkan mata menjadi berwarna merah dan terkadang pula disertai dengan belekan. Kondisi ini sangat sering terjadi pada seorang bayi.

Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus segera mengatasi hal tersebut karena itu dapat mengganggu penglihatannya.

Akan tetapi terdapat juga beberapa kasus yang dimana kondisi mata belekan pada bayi terjadi karena ulah dari serangan bakteri.

Mata merah yang disebabkan oleh bakteri jauh lebih berbahaya ketimbang yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Ketika mata si kecil terserang oleh bakteri, maka terdapat gejala-gejala yang pada umumnya akan tampak yaitu kotoran mata si kecil akan berwarna kehijauan dan bagian putih serta kelopak mata bagian bawah akan berubah warna menjadi kemerah-merahan.

Ketika kondisi mata ini menyerang si kecil, maka pembengkakan pada mata akan lebih cepat terjadi sehingga menyebabkan buah hati kesayangan anda akan menjadi lebih rewel.

Cara mengatasi mata belekan pada bayi

Untuk mengatasi mata belekan pada buah hati kesayangan anda, maka anda harus terlebih dahulu mengetahui mengenai penyebabnya.

Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab dari kondisi mata tersebut beberapa-macam.

Jika kondisi mata tersebut disebabkan karena penyumbatan saluran mata ke rongga hidung maka tindakan yang paling tepat untuk dilakukan adalah memijat-mijat pangkal hidung buah hati kesayangan anda.

Akan tetapi, jika anda tidak mengetahui caranya yang benar maka sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada seseorang yang lebih ahli misalkan saja dokter anak.

Kemudian jika karena virus, maka anda harus sering membersihkan kotoran pada matanya menggunakan kapas dan air hangat serta selalu berikan ASI agar sistem kekebalan tubuhnya semakin membaik.

Kemudian, jika karena iritasi atau alergi maka anda harus langsung mengunjungi dokter anak. Dan yang terakhir, jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka si kecil harus mengkonsumsi obat yang berjenis antibiotik dan tentunya anda harus membawanya ke dokter terlebih dahulu.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here