Tips Agar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Tips Agar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Oranyenews.comTips Agar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah pada dasarnya tergantung dengan pasutri yang menjalani.

Pasalnya hal tersebut bermula dari keduanya, sehingga tercipta suatu hubungan yang harmonis, dan juga membawa kebahagiaan untuk pasangan tersebut.

Seperti yang dikutip dari nu.or.id, yang dijelaskan oleh pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Damai Al-Muhibbin Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, KH. M Djamaluddin Achmad.

Beliau mengatakan bahwa impian dari keluarga sakinah, mawaddah, warahmah sangat mudah untuk diucapkan. Namun hal tersebut sangat sulit sekali untuk dicapai.

Beliau menyebut, perlu upaya yang lebih untuk suami dan istri serta bukan hanya sekedar diucapkan di bibir saja.

Lebih tepatnya, usaha lebih tersebut bisa berwujud apa saja, seperti halnya komitmen agama yang kuat, serta kesepakatan dari kedua belah pihak.

“Sakinah, mawaddah, warahmah itu mudah di ucapkan tapi angel (susah) untuk dicapai. Jika ingin mencapainya kedua mempelai harus melakukan beberapa hal,” ucapnya ketika menghadiri pernikahan salah satu santrinya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Minggu (17/3).

Dijelaskan oleh Mustasyar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut, setidaknya ada lima hal yang penting dilakukan oleh pasutri.

Khususnya ketika ingin mencapai tingkatan sakinah, mawaddah, warahmah dalam kehidupan berumah tangga.

Hal pertama ialah dengan saling memaafkan, tepatnya ketika ada kesalahan dan beda pemahaman yang dilakukan oleh salah satu pihak. Bisa saja

Sedangkan untuk yang kedua, ialah dengan saling menghormati. Poin tersebut meliputi begitu banyak hal, yakni dengan menghormati kesibukan masing-masing, menghormati hal yang tidak disukai, dan sejenisnya.

Ketiga ialah dengan saling melindungi serta mengingatkan untuk kebaikan atau jika dalam keadaan khilaf. Meski mudah, namun hal ini sangat sedikit yang bisa melakukan.

“Keempat yaitu saling musyawarah dalam menyelesaikan masalah dan melakukan sesuatu. Terakhir atau yang kelima yaitu saling menjaga diri,” imbuh Kiai Djamal.

Ketika sudah paham dan menerapkan beberapa hal diatas, bukan hal yang mustahil untuk mencapai tingkatan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.

Kyai Djamal pun mengungkapkan tujuan dari pernikahan, yakni untuk menenangkan hati, dan pikiran. Hal ini akan terwujud dengan sendirinya jika lima hal diatas sudah diterapkan.

“Jika semua lima hal tadi dilaksanakan, Insyaallah akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah, amin,” tandas Kiai Djamal.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here