Tips 5 Cara Cepat Memiliki Rumah Setelah Menikah

cara cepat untuk memiliki rumah setelah menikah
Tips ini mungkin bisa membantu anda dalam membeli rumah setelah menikah

Setiap pasangan yang sudah menikah pastikan memiliki impian agar dapat segera memiliki rumah sendiri. Hal ini pasti juga dimimpikan oleh banyak orang, namun tidak semua pasangan mampu mewujudkan impian tersebut dalam waktu yang singkat. Karena memiliki rumah juga tergantung dengan kemampuan dan kondisi keuangan setiap pasangan.

Ada pasangan yang memiliki kemampuan ekonomi yang baik sehingga setelah menikah langsung bisa membeli atau bikin rumah sendiri, namun tidak jarang juga yang memiliki penghasilan pas-pasan sehingga untuk mewujudkan impian tersebut mereka harus berusaha ekstra.

Cara Cepat Memiliki Rumah Setelah Menikah

Setelah menikah pada awalnya setiap pasangan akan saling menyesuaikan satu sama lain, tidak hanya itu mereka juga masih menata kondisi keuangan mereka. Hal ini pasti dialami oleh semua pasangan yang baru menikah.  Bagi anda yang baru menikah dan ingin segera memiliki rumah sendiri, artikel ini akan membagikan tips atau cara cepat untuk memiliki rumah setelah menikah.

Tinggal bersama orang tua

Bagi pasangan yang baru menikah mungkin kondisi keuangan belum stabil, untuk itu sementara waktu kalian bisa tinggal bersama orang tua dahulu. Hal ini dilakukan agar kalian dapat meminimalisir pengeluaran. Tanpa banyak orang sadari bahwa pengeluaran untuk menyewa rumah hunian baik berupa kost, kontrakan atau apartemen merupakan pengeluaran yang cukup besar, anda bisa mengalokasikan pengeluaran tersebut untuk menabung dengan cara tinggal bersama orang tua, sampai tabungan anda dirasa cukup.

Kelola dan simpan hadiah pernikahan

Salah satu adat kebiasaan di Indonesia jika datang ke acara nikahan, para tamu maupun kerabat datang dengan membawa hadiah baik berupa barang untuk keperluan rumah atau sejumlah uang. Kalian dapat menyimpan barang hadiah keperluan rumah tangga tersebut dengan baik, jika nantinya anda memiliki rumah barang-barang tersebut pasti sangat diperlukan. Kalian juga dapat menabung uang yang diberikan oleh para tamu atau kerabat, hingga nantinya uang itu dapat menambah tabungan untuk membeli rumah.

Kelola dan management penghasilan bulanan

management penghasilan bulanan
Gambar ilustrasi management penghasilan bulanan

Anda bersama pasangan dapat melakukan perencanaan keuangan, saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu anda untuk mengatur keuangan anda. Perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik. Ada baiknya anda bersama pasangan dapat menyisihkan 25% sampai dengan 30% untuk menabung, sisanya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Menabung dengan investasi atau reksa dana

Gambar Menabung dengan investasi dengan emas
Gambar Menabung dengan investasi dengan emas berguna untuk membeli rumah setelah menikah

Membeli rumah dengan cara menabung sudah umum dilakukan. Namun tidak semua orang mudah untuk menabung, untuk itu anda bisa menabung dengan cara berinvestasi dalam bentuk emas atau melalui reksa dana. Anda dapat merupakan uang yang ditabung dalam bentuk emas, dengan begitu uang yang ditabung tidak khawatir terpakai untuk keperluan lain yang sifatnya tidak terlalu mendesak.

Selain itu anda juga bisa menggunakan aplikasi reksa dana. Dimana aplikasi ini akan secara otomatis memotong gaji anda untuk dimasukkan kedalam tabungan anda, namun tabungan ini tidak dapat diambil sewaktu-waktu, karena sifatnya seperti deposit tabungan tersebut dapat diambil sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Beli rumah dengan KPR dan pilih harga sesuai kemampuan

Gambar membeli rumah dengan KPR
Gambar Ilustrasi Membeli rumah dengan KPR yang sesuai dengan kemampuan

Anda bersama pasangan dapat membeli rumah dengan cara mengajukan KPR jika memang kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk membeli secara tunai. Meskipun demikian anda juga harus memiliki target kapan tabungan anda dapat dipakai untuk membayar DP jika anda mengajukan KPR.

Meskipun demikian anda tetap perlu membeli rumah dengan harga sesuai dengan kemampuan keuangan anda, jangan sampai anda memilih membeli rumah dengan harga mahal dan tidak sesuai dengan kondisi keuangan sehingga dapat terjadi masalah dikemudian hari.

Anda dapat mempertimbangkan cara-cara diatas agar dapat segera memiliki rumah setelah menikah. Selain itu perlu adanya dukungan satu sama lain antara pasang sehingga dapat terjalin kerjasama yang bagus dalam mewujudkan impian anda. Semoga informasi ini dapat membantu.

 

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here