7 Tips Menjadi Data Scientist Yang Bergaji Fantastis

Menjadi Data Scientist
Ingin Menjadi Data Scientist begini caranya

Seorang ilmuwan data, di era teknologi 4.0 saat ini memang menjadi kebutuhan bagi banyak perusahaan. Permintaan besar dari seorang ilmuwan data dapat dilihat dari banyak perusahaan yang mencari profesi yang terkait erat dengan Mahadata (bigdata) dan IoT (Internet of Things).

Meskipun ada banyak perusahaan yang membutuhkannya, Anda yang ingin bisa mendapat perhatian lebih dari perusahaan perlu menerapkan beberapa tips. Kiat dari Universitas Nusantara Nusantara dan Integrasi PHI dengan program pembelajaran data ilmuwan DQLab.id akan membuat Anda ditargetkan oleh banyak perusahaan yang menawarkan gaji besar.

Memiliki Portofolio Data Sedini Mungkin

Tips pertama bagi perusahaan untuk direkrut sebagai ilmuwan data segera adalah memiliki portofolio data sedini mungkin. Dengan portofolio, Anda memang akan diprioritaskan oleh perusahaan. Karena portofolio ini adalah bukti bahwa Anda memang dan berpengalaman bekerja pada ilmuwan data proyek.

Memiliki Sertifikasi Khusus di Bidang Data

Agar Anda bisa mendapat perhatian lebih dari perusahaan, coba lengkapi portofolio Anda dengan sertifikasi khusus di bidang data.

Untuk dapat memperoleh sertifikasi khusus di bidang data ini, Anda dapat menjalankan kursus atau lokakarya yang diselenggarakan oleh beberapa pihak.

Memiliki Semangat Pengembangan Diri yang Tinggi

Agar dapat diterima di perusahaan besar, Anda benar-benar perlu memiliki semangat pengembangan diri yang tinggi. Semangat ini harus selalu ada dan perlu ditingkatkan dengan keterampilan atau kemampuan yang lebih baik. Dengan semangat pengembangan diri yang tinggi ini, Anda akan dapat mencapai impian menjadi ilmuwan data di perusahaan besar.

Mengikuti Program Konektor Pekerjaan

agar Anda bisa menjadi ilmuwan data yang ditargetkan oleh banyak perusahaan, maka Anda harus mengikuti program konektor pekerjaan.

Program konektor pekerjaan adalah program pencarian kerja yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Sekarang dengan mengikuti program konektor pekerjaan, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk direkrut oleh perusahaan besar sebagai ilmuwan data.

Kiat untuk Menjadi Ilmuwan Data dengan Gaji Besar

Modern Data Scientist
Modern Data Scientist

Setelah mengetahui dan memahami bagaimana menjadikan Anda sebagai ilmuwan data, hal ini dapat dilirik oleh banyak perusahaan.

Selanjutnya, Anda juga perlu memahami beberapa tips untuk bisa mendapatkan gaji besar sebagai ilmuwan data. Berikut ini beberapa tipsnya.

Jiwa “kepo” tinggi

Pertama, kiat agar Anda bisa mendapat gaji besar sebagai ilmuwan data di sebuah perusahaan adalah menanamkan jiwa “kepo” yang tinggi pada diri Anda.

Jiwa “kepo” dalam bentuk keingintahuan dan keingintahuan yang tinggi pada sesuatu akan menuntun seseorang ke penemuan baru.

Dalam hal ini Anda adalah jiwa “kepo” di bidang ilmuwan data, maka Anda harus selalu belajar dengan berbagai cara.

Tidak hanya dengan kursus, tetapi juga mencoba belajar otodidak dari buku, internet dan sebagainya. Dari jiwa “kepo” yang tinggi inilah Anda bisa mendapatkan gaji tinggi karena meningkatnya pengetahuan dan wawasan Anda.

Bergabunglah dengan Komunitas

Saat ini kita memang dapat menemukan beberapa komunitas pecinta pengetahuan atau profesi terbentuk. Sekarang terkait dengan data ilmuwan ini, Anda juga dapat menemukan komunitas.

Dengan bergabung dengan komunitas, Anda akan bisa mendapatkan banyak manfaat seperti meningkatkan wawasan atau pengetahuan, meningkatkan jaringan pertemanan dan juga termotivasi untuk meningkatkan diri.

Dari beberapa manfaat ini Anda juga akan bisa mendapatkan gaji tinggi dari pengalaman Anda di komunitas.

Selalu Uji Kemampuan

Agar keterampilan Anda selalu teruji dan kompeten, maka Anda harus selalu menguji kemampuan ini. Keterampilan atau kemampuan yang jarang diuji memang akan membuat Anda sulit berkembang.

Bahkan keterampilan yang jarang diuji akan membuat kemampuan Anda menurun. Mengenai data ilmuwan, Anda dapat menguji kemampuan Anda dengan beberapa cara seperti mengikuti kuis, tantangan, atau tes.

Ketika kemampuan atau keterampilan Anda terus meningkat dari pengujian aktif Anda sendiri, maka perusahaan tidak akan ragu untuk meningkatkan gaji Anda.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here